Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, UKM Khatulistiwa Ajak Mahasisawa Peduli Isu Lingkungan

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 5 Juni menjadi Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dalam peringatan ini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang memiliki fokus terhadap lingkungan, Khatulistiwa, menyelenggarakan rangkaian acara Festival Khatulistiwa (Festiwa) yang dimulai sejak tanggal 1 Juni 2024 hingga 8 Juni 2024.

Pada hari terakhir, Sabtu 8 Juni 2024, Festiwa menghadirkan rangkaian pameran yang menampilkan hasil karya seni ramah lingkungan dari mahasiswa Universitas Paramadina seperti totebag ecoprint yang dicetak menggunakan bahan-bahan alam, poster dengan beragam tema seperti: “Step Gen Z To Save The Word”, “Pandemi Plastik” serta “Stop! We Must Respond This Crisis Now”. Ketiganya merupakan poster yang dilombakan UKM Khatulistiwa dengan fokus membahas krisis sampah plastik. 

Pemenang lomba poster Festiwa, Panji Firdaus dari Pogram Studi DKV angkatan 2022, mengungkapkan rasa bahagianya memenangkan lomba. “Poster karyaku ini tentang pencemaran lingkungan karena plastik sampah yang mengancam terumbu karang. Aku senang banget sih ada acara seperti ini di kampus, agar kita mahasiswa juga dapat mengasah skill dengan mengikuti lomba” ujarnya, Sabtu (8/6).

Selain menampilkan hasil karya seni ramah lingkungan, Festiwa juga mengadakan kegiatan workshop ecoprint yang diikuti sekitar 20 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Paramadina dan Organisasi Pecinta Alam MAN 2 Jakarta. Nadya Isma, salah satu peserta workshop mengungkapkan ketertarikannya menghadiri workshop ini, “Menarik sih, karena ternyata dalam dunia printing itu bisa ramah lingkungan juga. Seru karena ini juga bisa jadi objek buat ngeluarin emosi sambil healing juga lah itunganya.” Ujarnya, Sabtu (8/6).

Penutupan Festival Khatulistiwa ini dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB hingga malam hari yang merupakan acara puncak dan performance yang menampilkan berbagai penampilan sepertiTeater Kafha yang mengusung tema “Endha Mahagoni”. Malam puncak ini juga dimeriahkan oleh band-band mahasiswa seperti Band 10Cent, Band Segaris, dan The Lost Bot. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *