teaserposterfinal

 

Sutradara                     : Rizal Mantovani

Produser                      : Sunil Soraya

Penulis                         : Donny Dhirgantoro

Pemeran                      : Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran

(Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji)

Tanggal Rilis               : 12 Desember 2012

Durasi                          : 126 Menit

Bahasa                         : Bahasa Indonesia

 

Novel 5 Cm merupakan buah imaginasi  Donny Dirgantoro. Novel ini terinspirasi dari pengalaman pribadi sang penulis. Dengan bahasa yang mengalir, renyah dan runut menjadikan novel layak untuk dibaca. Pun demikian ketika di filmkan, kita seakan-akan menyaksikan 5 anak muda dalam novel itu dalam sebuah kenyataan.

Film yang mengambil lokasi syuting di Puncak Mahameru ini merupakan satu karya yang bagus dan patut diacungi jempol. Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji) adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan sepuluh tahun lamanya. Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Karakter masing-masing adalah sebagai berikut  :Zafran seorang  puitis, sedikit “gila”, apa adanya, idealis, agak narsis, dan memiliki bakat untuk menjadi orang terkenal. Riani merupakan gadis cerdas, cerewet, dan mempunyai ambisi untuk cita-citanya. Genta, pria yang tidak senang mementingkan dirinya sendiri sehingga memiliki jiwa pemimpin dan mampu membuat orang lain nyaman di sekitarnya. Mereka berdua (Genta dan Riani) galau terkena sindrom cinta friendzone. Arial, pria termacho diantara pemain lainnya, hobi berolah raga, paling taat aturan, namun paling canggung kenalan dengan wanita. Ian, dia memiliki badan yang paling subur dibandingkan teman-temannya, penggemar indomie dan bola, paling telat wisuda. Dinda (Pevita Pearce)  merupakan adik dari Arial, seorang mahasiswi cantik yang sebenarnya dicintai Zafran.

Pada suatu hari kelima sahabat tersebut merasa “jenuh” dengan persahabatan mereka. Dan  mereka sepakat  untuk pisah, tanpa komunikasi selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah akhirnya muncul kerinduan. Sungguh banyak terjadi perubahan pada diri mereka dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Akhirnya setelah tiga bulan berlalu, mereka berlima kembali bertemu dalam sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Perjalanan itu merupakan sebuah perjalanan hati demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak gunung tertinggi di Jawa tepatnya di Puncak Mahameru (Semeru) pada tanggal 17 Agustus.

Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia. Petualangan dalam kisah ini, bukanlah petualangan yang menantang adrenalin, demi melihat kebesaran sang Ilahi dari atas puncak gunung. Tapi petualangan ini, juga perjalanan hati. Hati untuk mencintai persahabatan yang erat, dan hati yang mencintai negeri ini.Segala rintangan dapat mereka hadapi, karena mereka memiliki impian. Impian yang ditaruh 5cm dari depan kening.

Ceritanya yang lucu dan dialogis menggambarkan anak-anak muda sekarang. Mari percaya pada setiap mimpi. Selamat menonton 5 cm.

 

Bagikan:
668