Ada satu kebiasaan orang Jepang yang bisa dibilang sangat khas bagi mereka. Yaitu selalu membawa Bento atau Kotak Makan Siang kala mereka pergi bekerja, sekolah ataupun berkegiatan di luar. Tapi, bagaimana jika ternyata Bento itu digunakan oleh seorang Ibu untuk menjahili anaknya yang berjiwa pemberontak? Hal unik ini dibawa oleh film Bento Harassment, garapan Renpei Tsukamoto

Film Bento Harassment pun bisa dikatakan sebagai film yang ringan untuk disaksikan, dan cocok untuk ditonton bersama keluarga. Selain penuh dengan komedi, film ini pun membawa pesan kasih sayang orang tua yang tak akan hilang terhadap anak-anaknya.

Film Bento Harassment Bawa Konflik Unik

Bento Harassment, berkisah tentang konflik keluarga antara ibu dan anak. Berkisah tentang Mochimaru Kaori (Shinohara Ryoko), seorang ibu tunggal yang sudah lelah untuk bisa mendapatkan perhatian anak perempuannya, Mochimori Futaba (Yoshine Kyoko) yang bersikap dingin kepadanya. Selain bersikap dingin, anak gadis terakhirnya itu juga selalu memberontak dan tak pernah mau mendengarkan kata-katanya.

Sampai suatu hari, untuk mendapatkan perhatian Futaba, Kaori mencoba menjahilinya dengan memberikannya bekal atau chara-bento berisikan pesan dan gambar yang lucu. Futaba sangat anti dengan sesuatu yang bersifat lucu atau kawaii.

Maka ketika Futaba membuka bento itu saat jam makan siang, dirinya pun tersentak malu dan kaget. Terlebih, teman-temannya pun melihatnya yang membuat Futaba selalu menjadi perhatian di sekolah karena chara-bento itu terus diberikan ibunya selama tiga tahun masa sekolah di SLTA!

Tidak Melulu Soal Komedi, Juga Bawa Sisi Emosional

Film yang berdurasi 106 menit ini tidak hanya menampilkan sisi komedi yang membuat kita tertawa ngakak. Tapi terdapat pula sisi emosional antara ibu dan anak yang begitu kental sangat terasa dalam film ini. Dan tentunya, hal itu dapat menyentuh penonton ketika menyaksikannya.

Baca juga:  Film Jagal (2012): Sebuah Misteri Tak Terpecahkan.

Sebagai ibu tunggal yang mengurusi dua anak selepas kematian suaminya. Mochimaru Kaori tentu berusaha untuk dapat berhubungan dengan anak-anaknya. Walaupun Futaba selalu memberontak dan bersikap dingin kepadanya, tentu sebagai orang tua, sudah menjadi tugasnya untuk tetap menyayangi anaknya.

Film Bento Harassment adalah perpaduan sukses antara drama dan komedi yang emosional. Kita tidak hanya disajikan tingkah konyol para pemain yang membuat kita tertawa terbahak-bahak. Tetapi film ini juga membuat kita tersedu dengan hubungan ibu dan anak yang terasa dekat dan hangat. (pik)

Penulis: Pikri Alamsyah

Editor: Pikri Alamsyah

 

Bagikan:
358