Pamungkas atau sering dipanggil Pam merupakan Mahasiswa DKV Universitas Paramadina yang sudah terjun ke dunia musik sejak kecil. Kemampuan musik cowok yang bertanggal lahir 14 April 1993 ini sudah tidak diragukan lagi, lantaran keberhasilannya dalam memproduksi debutnya sendiri yang berjudul “Walk The Talk”. Bermusik sebenarnya bukanlah pilihan Pam, namun karena Pam mengalami masalah pada pendengaran sejak lahir, akhirnya orangtua Pam memutuskan untuk memperkenalkan musik. Ketika duduk dibangku SD, Pam pernah menjadi opening tour band Element. Dari situlah dia memutuskan untuk terjun ke dunia musik dengan membuat sebuah band dan akhirnya pada tahun 2014 memutuskan untuk bersolo karir.

Menulis lagu merupakan kegiatan yang sering dilakukan di sela-sela kesibukanya. Pada awalnya ini dilakukan sebagai kesenangan hatinya sendiri, lalu dia mencoba memproduksi album. Mulai dari pembuatan lagu, rekaman, mixing dan mastering pun dilakukannya sendiri. Sebelum melakukan launching, Pam sempat mengunggahnya di media sosial, komentar positif pun berdatangan bahkan beberapa orang menawarkan diri untuk membantunya. Sampai pada akhirnya dia mendapatkan tempat launching dan berkesempatan untuk mempromosikan albumnya di Bali. Selalu menikmati proses yang dilalui merupakan kunci dari kesuksesannya. Meski terkadang tidak percaya diri bahkan frustasi selalu menghampiri, dia selalu memotivasi dirinya untuk terus berkarnya. Secara simple, Pam menggambarkan menulis lagu itu seperti curhatan seseorang.

Meski tidak ada lagi masalah pada pendengarannya, bukan berarti Pam berhenti untuk berkarya. Dari kecil sampai SMA Pam menganggap musik menjadi tempat escaping, namun ketika tumbuh besar Pam mengganggap musik tidak hanya sebagai tempat escaping, tapi musik sebagai media untuk menyuarakan hal-hal yang tidak bisa dikatakan tapi bisa disampaikan melalui nyanyian. Pam berharap apa yang dilakukannya seperti estafet. Sekecil apapun usahanya akan mendapatkan hasil yang berguna. Meski sudah membuat sesuatu yang baik, selanjutkan akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi. (aip)

Bagikan:
182