Jakarta, Parmagz — Sutradara kondang asal Jepang Makoto Shinkai, kembali merilis film animasi terbarunya di Indonesia pada Rabu (21/8) lalu yang berjudul Weathering With You (Tenki no Ko). Tiga tahun berselang setelah film Your Name (2016) menuai kesuksesan, Shinkai kembali membuat dirinya menjadi perhatian banyak orang karena film terbarunya itu berhasil meraup keuntungan 1,64 miliar yen atau sekitar 212 miliar rupiah hanya dalam tiga hari penayangan pertama di Jepang. Pendapatan tersebut lebih tinggi 29 persen dari film Shinkai sebelumnya, Your Name yang meraup 1,27 milliar yen dalam jumlah penayangan yang sama.

Makoto Shinkai lahir di Koumi, Nagano, Jepang, pada 9 Februari 1973. Terlahir dengan nama Makoto Niitsu, ia menyelesaikan jenjang perguruan tingginya di Universitas Chuo. Dengan mengambil jurusan Literatur Jepang, Shinkai berhasil menyelesaikan studinya itu pada tahun 1994. Setelah lulus, ia bekerja untuk sebuah perusahaan video game selama 5 tahun lamanya. Selain bekerja sebagai pembuat video klip untuk video games, di sana ia juga bekerja sebagai desainer grafis yang mengurus konten web.

Tahun 1999, selagi ia masih bekerja pada perusahaan tersebut, Shinkai merilis film animasi singkat yang berjudul She and Her Cat. Film yang berdurasi 5 menit tersebut memenangkan beberapa penghargaan, termasuk penghargaan DoGA CG Animation Contest di tahun 2000. Laki-laki yang menikahi seorang aktris yakni Chieko Misaka ini tidak hanya membuat film, ia juga membuat karya berupa komik yang berhasil membuat dirinya dihubungi oleh Manga Zoo, yang memberikan kesempatan kepadanya untuk bisa mewujudkan idenya menjadi animasi yang dapat dijual. Lalu di tahun 2001, Shinkai keluar dari pekerjaannya untuk dapat fokus membuat seri anime terbarunya yang berawal dari komiknya dengan judul, Voices of a Distant Star.

Keluarnya Shinkai dari Falcom menjadi sebuah gerbang bagi banyak adikarya yang bermunculan lewat tangan dinginnya. Film animasi seperti The Place Promised in Our Early Days (2004), berhasil memenangkan penghargaan Animasi Terbaik di Mainichi Film Concours 2005. Kemudian, di tahun 2007, Shinkai kembali merilis film animasi terbarunya yaitu 5 Centimeters per Second yang ia bagi dalam tiga bagian. Bagian pertama ialah Oukashou, bagian kedua Cosmonaut, dan bagian terakhir ialah Byosoku 5 Senchimetoru. Film tersebut berhasil  mendapatkan 88 persen Audience Score di Rotten Tomatoes.

Setelah memutuskan untuk rehat sejenak di tahun 2008, tiga tahun setelahnya Shinkai kembali dengan merilis film animasi yang ia garap bertajuk Children Who Chase Lost Voices from Deep Below. Dalam film animasinya tersebut, Shinkai menjelaskan bahwa film itu akan menjadi filmnya yang berdurasi lebih panjang dari pada film-film sebelumnya yang ia telah buat. Dua tahun selepas itu, ia kembali merilis film animasinya dengan judul The Garden of Words, yang dirilis pada 31 Mei 2013.

Kesuksesan Film Your Name

Dibanding karya Makoto Shinkai sebelumnya, film animasi yang ia rilis pada tahun 2016, yaitu Your Name, dapat dibilang sebagai puncak kesuksesannya sebagai seorang animator dan sutradara film. Kimi no Na Wa atau Your Name yang dirilis pada 26 Agustus 2016 ini, sukses menjadi film animasi dengan pendapatan kotor tertinggi di seluruh dunia dengan total pendapatan mencapai US$355 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun dan jumlah penonton yang mencapai 15,78 juta. Angka tersebut berhasil menggeser posisi pendapatan film Spirited Away (2001) buatan sang sutradara kondang, Hayao Miyazaki yakni sekisar Rp 3,6 triliun. Film garapannya itu juga berhasil menyabet banyak penghargaan bergensi dari tingkat lokal maupun internasional. Salah satunya penghargaan festival film di Spanyol Stigas Film Festival 2016 sebagai film animasi terbaik. Your Name bahkan sempat menjadi daftar pertimbangan nominasi The Academy Awards atau Oscar 2017 untuk film animasi terbaik.

Menolak Dijuluki Hayao Miyazaki Baru

Di tengah kegelisahan karena telah pensiunnya salah satu animator legendaris yang pernah ada, Hayao Miyazaki. Kehadiran Shinkai dengan membawa keunikan dan kecermatannya dalam membuat film animasi, adalah sebuah angin segar untuk jagat industri animasi di seluruh dunia.

Hayao Miyazaki adalah salah satu animator legendaris yang membentuk Studio Ghibli. Studio Ghibli sendiri adalah salah satu mahakarya dari Miyazaki yang telah melahirkan film animasi seperti; Princess Mononoke (1997), Ponyo (2009), dan juga Spirited Away (2001), yang berhasil menyabet piala Oscar sebagai Film Animasi Terbaik di tahun 2003.

Dijuluki sebagai Miyazaki baru, Makoto Shinkai menolak. Pria berusia 46 tahun itu menganggap karyanya lebih mirip dengan karya novelis Haruki Murakami yang tentunya berbeda dengan pola yang disajikan oleh Ghibli.

“Miyazaki orang jenius. Dia legenda. Tapi kau tak akan mau meniru gayanya. Kau harus buat sesuatu yang beda. Sesuatu yang belum dibuatnya. Tapi, aku mau film-filmku juga bisa memantik emosi seperti film-flmnya,” kata Shinkai.

Namun walaupun ia menolak disandingkan dengan Miyazaki, Shinkai tetap mengakui bahwa film animasi favoritnya ialah Castel in The Sky (1986) yang mana itu adalah buatan dari tangan Miyazaki.

Wakili Jepang di Oscar 2020

Pada Senin (26/8) lalu, Japan Motion Picture Producers Association (Eiren) menyampaikan bahwa Weathering With You karya terbaru dari Makoto Shinkai tahun ini, terpilih sebagai perwakilan Jepang dalam International Feature Film Awards atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film untuk Oscar 2020.

Dilansir Variety, film tersebut berhasil melangkah ke Oscar setelah melalui tahap seleksi oleh komite yang terdiri dari tujuh sutradara film, penulis naskah serta kritikus. Hal ini tentu adalah kemajuan baginya karena film-film yang Shinkai buat sebelumnya belum bisa menembus tahap nominasi Piala Oscar.

Makoto Shinkai dan Karyanya

Kehadiran Makoto Shinkai dalam dunia animasi memang patut kita syukuri dan kita rayakan. Cara Shinkai menyajikan film animasinya tentu patut diacungi jempol. Ia tidak hanya memperhatikan suatu film dari satu aspek saja. Namun aspek cerita, sound, hingga visual pun ia perhatikan dengan sangat detail, sehingga film animasi yang ia buat hasilnya sangat maksimal dan pastinya akan menjadi karya yang tentunya dapat dikenang oleh para penonton filmnya.

Jika Haruki Murakami sebagai novelis dikenang dengan karya fenomenalnya berjudul Norwegian Wood. Dan Hayao Miyazaki yang dikenang lewat Spirited Away-nya. Tentu kita bisa melihat dalam beberapa tahun ke depan, Makoto Shinkai juga akan dapat dikenang melalui karya-karya yang ia buat. Dan pastinya bukan hanya karya seperti Your Name atau pun Weathering With You saja. Di umurnya yang masih terbilang muda sebagai seorang animator, dirinya masih akan terus berkarya dan nanti mungkin saja, Makoto Shinkai akan dapat menghasilkan karya yang lebih hebat lagi dan dapat melampaui film-film yang ia buat sebelumnya, sehingga karyanya itu akan menjadi karya yang legendaris dan tentunya tak akan terlekang oleh perkembangan zaman.

 

Penulis: Pikri R. Alamsyah

Editor: Nurma Syelin

Bagikan:
83