Jakarta, Parmagz—Pemerintah tetapkan 1 Ramadan 1441 H jatuh pada hari Jumat 24 April 2020. Keputusan ini diambil berdasarkan dari hasil sidang isbat Kementrian Keagamaan pada Kamis (23/04) sore. Rapat dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

“Kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari, bertepatan dengan hari Jumat, 24 April 2020 Masehi,” ujar Menag Fachrul Razi.

Menurut Fachrul Razi, kesepakatan penetapan 1 Ramadhan 1441 H besok pagi berdasarkan hasil dari perhitungan hisab dan pemantauan hilal.

Fachrul menjelaskan bahwa pemantauan hilal dilakukan di 82 titik di sejumlah wilayah Tanah Air.

“Menurut laporan dari titik-titik rukyatul hilal posisi hilal di atas wukuf berkisar antara 2 derajat 41 menit sampai dengan 3 derajat 44 menit,” ujar Fachrul.

Sidang isbat yang dilakukan kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sidang isbat dilakukan melalui Telekonferensi dengan tiga sesi. Sesi pertama, diawali dengan paparan posisi hilal awal Ramadan 1441 H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama. Paparan ini disiarkan secara live streaming melalui website dan medsos .

Kemudian pada tahap kedua, sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang ini hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, dan Kamaruddin sendiri selaku Dirjen Bimas Islam, Kemenag.

Dan yang terakhir hasil sidang isbat diumumkan secara terbuka oleh Fachrul Razi melalui telekonferensi.

Dengan keputusan ini, maka mulai Kamis malam ini umat Muslim di Indonesia akan melakukan shalat tarawih.

 

Reporter: M Nurholif Amin

 

Bagikan:
130