Jakarta, Parmagz—Selama 4 hari terakhir angka kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat. Berdasarkan data resmi dari Kementrian Kesehatan hingga Minggu (19/04), pasien yang dinyatakan sembuh mencapai 686 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia mencapai 582 jiwa. Rasio Kesembuhan meningkat hingga 10,4 persen.

Juru Bicara Pemerintah RI untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengabarkan total jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia mencapai 6.575 kasus pada Minggu (19/04) sore. Sementara itu, jumlah ODP mencapai 178.883 orang dan PDP sebanyak 15.646 pasien.

Dalam sehari terakhir tercatat 327 kasus positif baru ditemukan di seluruh tanah air. Penambahan kasus baru ini hanya sedikit lebih rendah dari Sabtu kemarin, yang tercatat 325 pasien.

”Hari ini bertambah kasus konfirmasi positif 327 orang sehingga total menjadi 6.575 orang,” ujar Yurianto dalam konfrensi press melalui situs daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari data yang sama tercatat jumlah pasien sembuh bertambah sebanyak 55 orang sehingga total pasien sembuh mencapai 686 orang.

“Kriteria sembuh adalah sembuh berdasarkan dua kali negatif (hasil tes PCR) dan keluhan klinis tidak ada lagi,” tambah Yurianto.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio menyebut ada beberapa kemungkinan yang menjadi alasan mengapa dalam empat hari terakhir, jumlah pasien sembuh Covid-19 menanjak.

“Yang pertama, dokter dan rumah sakit lebih siap. Atau, pasien lebih dini datang ke rumah sakit. Lalu, protokol pengobatan lebih siap, dan daya tahan tubuh pasien lebih baik seperti contoh mungkin karena usia muda,” ujar Amin melalui pesan teks dilansir dari Tempo.

Kendati pasien sembuh terus bertambah, Yurianto terus mengingatkan pentingnya tetap tinggal di rumah selama pandemi Covid-19. Sebab orang yang bepergian keluar rumah sangat rentan terinfeksi dan menginfeksi orang lain. (mna)

Bagikan:
302