Jakarta, Parmagz-Indonesia gagal menjuarai ajang kompetisi kejuaraan bulu tangkis di World Federation Junior Championships (BWF) atau Kejuaraan Dunia Junior yang dilaksanakan di Gymnastics Center, Kanzar, Rusia, Minggu (13/10) kemarin.

Leo Rollu Carnando dan Indah Cahya Sari Jamil yang mewakili Indonesia di pertandingan Bulu Tangkis sektor ganda campuran harus merelakan gelar Kejuaraan Dunia Junior yang berhasil disabet pada tahun 2018 dengan lawan senegara yakni Rehan Naufal Kusharjanto dengan Siti Fadia Silvia Ramadhanti.

Pada laga final Kejuaraan Dunia Junior 2019 kemarin, Leo dan Indah sendiri harus lapang dada lantaran pasangan ganda campuran asal Cina, yakni Feng Yan Zhe dan Lin Fang Ling berhasil unggul di kedua babak dengan perolehan skor 17-21, 17-21

Leo/Indah sendiri sempat berusaha mengejar skor pasangan Feng/Lin, tapi Leo yang sebelumnya meminta waktu istirahat kepada wasit terkait permasalahan pada otot kaki kanannya yang harus di semprot dengan ethyl chloride (etil klorida)pada akhirnya Leo/Indah tidak bisa mempertahankan momentum skor yang sebelumnya mencapai 15-17.

Dilansir Bola.com, pertarungan antara kedua Leo/Indah dengan Feng/Lin memang sudah sering terjadi. Sebelumnya, Leo/Indah tercatat memenangkan tiga dari empat pertemuan melawan Feng/Lin. Namun, dalam pertandingan hari ini, Leo/Indah tampil di bawah performa standar dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

“Saya tampil under perform, ada rasa tegang. Permainan itu kan nggak ada yang tahu, kadang enak kadang enggak. Di hari ini kami tidak pada peak permainan kami. Lawan di kelas junior itu-itu saja, jadi lawan sudah tahu sekali permainan kami,” kata Leo soal pertandingan, dikutip dari laman PBSI, Minggu (13/10).

Indah sendiri mengatakan hal yang tidak jauh berbeda dengan rekannya. “Hari ini saya kurang siap dan saya nggak bisa membalikkan keadaan. Saya tertekan tapi nggak bisa mengatasi keadaan,” kata perempuan kelahiran tahun 2002 ini.

Baca juga:  Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) Rilis Indeks Negara dengan Kasus Impunitas Terhadap Tewasnya Jurnalis di Dunia

Indonesia sendiri membawa 5 pemain yang diwakilkan dalam tiga sektor pertandingan bulu tangkis, yakni ganda campuran oleh Leo Rollu Carnando/Indah Cahya Sari Jamil, ganda putri oleh Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan ganda putra oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Dalam pertandingan sektor ganda putri Febriana/Amalia yang melawan pasangan asal Cina, yakni Lin Fang Ling/Zhou Xin Ru harus pupus di babak penentu dengan perolehan sekor 20-22, 21-11, 14-21.

Pupus mendapatkan gelar Kejuaraan Dunia Junior 2019 di sektor ganda campuran dan ganda putri, pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di ganda putra berhasil raih mendali emas setelah melawan pasangan asal Cina, yakni  Di Zi Jian/Wang Chang dengan perolehan skor 21-19, 21-18.

 

Penulis: Helmy Adam

Editor: Nurma Syelin

Bagikan:
58