Sumber Foto : pemalangsehat.wordpress.com

Sumber Foto : pemalangsehat.wordpress.com

Jakarta, Parmagz – Agenda post 2015 sangatlah mendukung terhadap Tujuan-Tujuan Pembangunan Milenium, Millenium Development Goals (MGDs). MGDs dianggap berhasil untuk mengurangi kemiskinan setelah tigabelas tahun dibentuk. MGDs bahkan dinggap sebagai upaya pengentas kemiskinan tercepat dalam sejarah manusia. Mengingat keberhasilan yangluar biasa ini, opsi untuk merekonstruksi MDGs akan menjadi sebuah kesalahan. Salah satu hal yang penting dan yang menjadi visi utama dalam agenda ini adalah penghapusan kemiskinan ekstrem dari muka bumi ini menjelang tahun 2030. Ini merupakan sesuatu yang sudah dijanjikan para pemimpin berulang kali sepanjang sejarah

Lebih dari setengah populasi di dunia saat ini adalah rata-rata usia di bawah 25 tahun. Keberhasilan dan kegagalan agenda pembangunan internasional pasca-2015 akan tercapai ditentukan oleh golongan kaum muda dan itu adalah kaum muda saat ini yang akan menanggung sebagian besar tanggung jawab agenda pembangunan pasca-2015. Dengan melibatkan kaum muda multisektoral terhadap kemitraan global akan memperkuat kerangka kerja pembangunan internasional pasca-2015. Agenda pembangunan pasca 2015 akan berhasil jika kaum muda, termasuk kelompok terpinggirkan bisa terlibat secara aktif dan memainkan peran dalam proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Hanya saja, harapan tersebut harus ditunjang dengan kemampuan dan keterampilan kaum muda dalam mengakses informasi.

Oleh karena itu, peningkatan kapasitas dan transfer pengetahuan sangat penting untuk menciptakan ruang yang memungkinkan pemuda untuk berpartisipasi dan terlibat secara aktif. Dengan demikian kesadaran pemuda dalam memainkan perannya dalam MDGs dan Post 2015 sangat penting, demi memperbaki keadaan Indonesia serta mencapai goals yang sudah dirumuskan. (arifah/dy)

Bagikan:
272