Dalam memperingati kemerdekaan Indonesia ke-75, Bank Indonesia (BI) meluncurkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Indonesia bernominal Rp. 75.000. Uang edisi khusus Kemerdekaan RI tersebut berbentuk uang kertas bernominal Rp 75.000 bertepatan dengan ke 75 tahun Kemerdekaan RI. Pengeluaran dan pengedaran UPK 75 tahun RI ini diresmikan oleh pemerintah dan Bank Indonesia pada hari ini (17/8) di Jakarta.

Pengeluaran dan pengedaran UPK 75 tahun RI merupakan wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Tujuannya dibuat UPK 75 Tahun RI ini ialah memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang.

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia, menyampaikan bahwa peluncuran UPK 75 Tahun RI tersebut bukan sebagai tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi, namun dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus, yaitu peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun.

Selain rasa syukur, pengeluaran dan pengedaran UPK 75 tahun RI juga sekaligus sebagai simbol kebangkitan dan optimisme dalam menghadapi tantangan termasuk dampak pandemi COVID-19 guna melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju. 

Filosofi UPK 75 Tahun RI

Mensyukuri Kemerdekaan digambarkan dengan peristiwa Pengibaran Bendera pada saat proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, gambar Proklamator Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta, serta gunungan yang memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru.

Memperteguh Kebhinekaan digambarkan dengan anak Indonesia menggunakan pakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur NKRI serta beragam kain motif kain Nusantara yaitu tenun Gringsing Bali, batik kawung Jawa, dan songket Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian.

Menyongsong Masa Depan Gemilang digambarkan dengan Satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI, peta Indonesia Emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global, serta anak Indonesia yang digambarkan sebagai SDM unggul di era Indonesia Maju.

BI Sudah Sering Mengeluarkan UPK Republik Indonesia

Baca juga:  PGI Surati Jokowi, Gereja Duga Pendeta Ditembak TNI

Selain UPK 75 tahun RI, Bank Indonesia sebelumnya pernah mengeluarkan uang Peringatan sebanyak 10 kali yang 3 kali diantaranya dikeluarkan untuk memperingati hari Kemerdekaan RI. 

Yaitu HUT RI ke 25 dengan berbentuk uang logam emas dan perak. Uang logam dengan pecahan Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, dan Rp 25.000 sedangkan uang logam perak dengan pecahan Rp 200, Rp 250, Rp 500, Rp 750, dan Rp 1.000.

HUT RI ke 45 dengan berbentuk uang logam emas dengan pecahan Rp 125.000, Rp 250.000, dan Rp 750.000. HUT RI ke 50 dengan berbentuk uang logam emas dengan pecahan Rp 300.000 dan Rp 850.000

UPK 75 tahun RI dapat diimiliki oleh seluruh warga yang telah memiliki KTP, melalui mekanisme penukaran uang Rupiah pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id. Satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI.

Penulis; Muhammad Farikhin

Editor: Pikri Alamsyah

Bagikan:
88