1_PESTA DEMOKRASI2

 

Jakarta, Kampusparmad.com – Setelah melalui proses panjang dengan gonjang-ganjing pencarian Ketua Umum yang baru, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Paramadina akhirnya menemukan pemimpin baru. Digelar sejak pagi hari (19/2), di SelasarAuditorium Nurcholish Madjid, pemilihan umum Ketua Umum, atau yang sering disebut Kahim, Ketua I, dan Ketua II HIMAHI berjalan lancar. Pemilu yang telah lama didambakan masyarakat HI ini memiliki tiga calon dari angkatan 2011 yaitu Sandi Pala Mahendra dengan nomor urut 1, Jino Dwi Putra dengan nomor urut 2, dan Biru Nitis Anjanie dengan nomor urut 3. Ketiga kandidat merupakan calon yang berhasil lolos verifikasi oleh pihak KPU HIMAHI dari enam bakal calon yang mengajukan diri.

Pemilu ini menjadi kesempatan bagi seluruh masyarakat HI untuk dapat memeriahkan pesta demokrasi dalam mencari pemimpin baru himpunannya. Dari total 179 suara, Sandi Pala Mahendra memperoleh 65 suara berbeda tipis dengan calon nomor urut 3, Biru Nitis Anjanie dengan perolehan 64 suara, disusul calon dengan nomor urut 2, Jino Dwi Putra dengan 45 suara dan 5 surat suara yang dinyatakan tidak sah. Proses penghitungan yang dihadiri banyak masyarakat HI dari berbagai angkatan berlangsung mendebarkan, terutama dengan aksi susul-menyusul perolehan suara milik Sandi dan Biru dan diikuti dengan sedikit ketegangan ketika ada surat suara yang dipertanyakan ke-sah-annya.

Akhir-akhir ini memang HIMAHI ditempa keadaan ‘darurat’ politik yang membuat proses pencarian ketua baru molor hingga dua bulan lamanya. Dimulai dari hadirnya calon tunggal karena bakal calon yang lain tidak memenuhi syarat verifikasi dan menjalar dengan polemik aklamasi yang membuat keadaan di sekitar masyarakat HI menjadi panas, bahkan hingga jatuhnya PK dalam Musyawarah Besar sebanyak empat kali yang membuat keputusan aklamasi ditinjau ulang. Serangkaian cerita ini seperti menjadi episode seru sinetron yang penuh intrik politik.

Baca juga:  SEMA dan Paramasophia Gelar Diskusi Mengenai Upaya Pelemahan Fungsional KPK

Namun sangat disayangkan ketika seluruh gonjang-ganjing yang terjadi yang disusul dengan adanya pengulangan proses dari awal tidak diikuti dengan konsistensi dan sikap aktif masyarakat HI yang ditunjukkan dengan masih rendahnya jumlah pemilih yang ikut berpartisipasi dalam pemilu. Selain itu, loyonya antusias masyarakat HI ketika Debat Kandidat 14 Februari lalu, juga menunjukkan rendahnya partisipasi aktif masyarakat HI. Diulangnya seluruh agenda pencarian pemimpin HIMAHI dari awal merupakan bagian dari proses panjang pencarian Kahim yang berakhir kemarin (19/2) dan sekaligus menjadi pelega napas masyarakat HI yang pro terhadap pesta demokrasi.

Selamat dan sukses kepada Sandi Pala Mahendra, Biru Nitis Anjanie dan Jino Dwi Putra atas kemenangan yang diperoleh dan sukses selalu HIMAHI Paramadina.

Bagikan:
49