(Foto: http://www.popmatters.com/post/128652-the-multiple-choice-game/)

(Foto: http://www.popmatters.com/post/128652-the-multiple-choice-game/)

Jakarta, ParmagzParamadina English Proficiency Test atau biasa disebut PEPT merupakan salah satu ujian terpenting bagi mahasiswa Universitas Paramadina. Ujian berbasis tes Bahasa Inggris ini menjadi salah satu syarat wajib untuk mengikuti Ujian Akhir Semester.

PEPT yang diselenggarakan tiap semester oleh Universitas Paramadina memiliki kriteria penilaian yang harus ditempuh, salah satunya adalah syarat minimal skor 425 poin bagi mahasiswa yang ingin mengikuti sidang skripsi, serta skor minimal 525 poin jika ingin untuk tidak mengikuti PEPT di semester-semester selanjutnya.

Efektivitas PEPT bagi beberapa orang dinilai kurang dan dianggap sepele bagi beberapa mahasiswa Universitas Paramadina. Beberapa mahasiswa menganggap PEPT sebagai formalitas semata agar dapat mengikuti Ujian Akhir Semester.

Namun di sisi lain, PEPT dianggap dapat mengingkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Universitas Paramadina layaknya TOEFL dan TOEIC. Dengan sistem penilaian dan soal yang sama dengan TOEFL, PEPT diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seluruh mahasiswa Universitas Paramadina.

“PEPT memang penting, cuma terkadang agak gimana ya. Bikin orang males juga, selalu ngulang PEPT. Jadi ya, dianggap remeh, cuma kebutuhan juga,” ujar salah seorang mahasiswa Universitas Paramadina yang ditanya secara acak.

“PEPT sebenernya bagus, cuma agak percuma juga sih. Karena di luar sana, orang-orang makenya tuh TOEFL, TOEIC. Jadi mau atau nggak ya harus dites ulang lagi untuk TOEFL dan TOEIC, karena nggak ada juga yang pake PEPT untuk rujukan tes mereka,” tutur Maalikul, mahasiswa Prodi Manajemen 2013.

Hal tersebut tercermin dari beberapa mahasiswa yang asal-asalan mengisi jawaban PEPT agar dapat dengan cepat keluar dari ruangan ujian PEPT. Inefisiensi inilah yang harus dipertimbangkan kembali oleh pihak Universitas, entah dari sistem, kriteria penilaian, atau soal yang disajikan untuk pelaksanaan PEPT ke depannya. (arkam)

Bagikan:
330