Capture

 

Jakarta, Kampusparmad.com – KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia) merupakan event rutin mahasiswa desain grafis terbesar se-Indonesia. Pada tahun ini Jakarta terpilih menjadi tuan rumah KMDGI ke-10 dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sebagai penyelenggara. Acara ini berlangsung 25-28 April 2013, di gedung B dan C, Galeri Nasional, Jakarta. Acara ini diikuti oleh 34 perguruan tinggi Desain Komunikasi Visual (DKV). Dimeriahkan berbagai kegiatan kreatif dan edukatif seperti pameran, workshop, forumseminar, talkshow, karya bersama hingga acara hiburan yang diisi pertunjukan seni dan musik.

Pembukan KMDGI berlangsung Kamis (25/4) pukul 18.00 WIB, di Galeri Nasional Jakarta. “KMDGI X adalah lebarannya anak DKV,” tutur Adhiyasa Abi Rafdiketua KMDGI X pada sambutannya kemarin. Acara KMDGI X juga dibuka secara resmi oleh rektor IKJ Dr. Wagiono Sunarto, M.Sc, disertai penampilan kolaborasi video mapping dan tari, DJ performances dan pertunjukan seni lainnya.Buat yang belum pernah, KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia), adalah forum untuk berkumpul, bertukar pikiran, berdiskusi dan mengapresiasi karya/konsep kreatif antar mahasiswa desain grafis/desain komunikasi visual se-Indonesia.

Sekilas tentang KMDGI

Ajang ini pertama kali diselenggarakan oleh 6 Perguruan Tinggi sebagai Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Trisakti, Universitas Udayana, ISI Yogyakarta, ITB, dan IKJ Jakarta. Himpunan Mahasiswa Desain Universitas Trisakti sebagai penyelenggara di Universitas Trisakti pada tanggal 10-13 September 1993. Semenjak itu event rutin KMDGI diadakan setiap 2 tahun sekali di kota yang bebeda. Jakarta akan menjadi tuan rumah dari event kreatif berskala nasional ini dengan tuan rumah penyelenggara Insititut Kesenian Jakarta.

KMDGI X

KMDGI X dengan memamerkan 200 karya desain grafis oleh 1000 mahasiwa DKV. Selain itu, mahasiswa pendukung dari tiap perwakilan anggota delegasi, mahasiswa dari berbagai universitas di Jakarta, praktisi desain grafis Indonesia, dan masyarakat umum peminat dunia desain grafis.

Baca juga:  JSF 2019 Berikan 14 Rekomendasi Kebijakan

Rangkaian acara seperti pameran karya tematik, simbiotik award, seminar, talkshow, workshop, forum KMDGI X yang akan membahas isu desain grafis terkini, pagelaran seni, layar tancap, pentas seni, workshop mahasiswa, seminar bersama Kementrian Pariwiwsata dan Ekonomi Kreatif, talk show, dan closing ceremony.

 

Editor: Harumi Kartini

Foto: Harumi Kartini

Bagikan:
60