Mahasiswa HI 2012 ikut meramaikan SAY HI 2015. Foto: Bulan Noer Setiawan

Mahasiswa HI 2012 ikut meramaikan SAY HI 2015. Foto: Bulan Noer Setiawan

Jakarta, Parmagz – Solid, Active, dan Young, tiga kata itulah yang membentuk SAY HI, acara meet and greet yang diselenggarakan oleh program studi Hubungan Internasional (HI) setiap tahunnya. Acara yang diadakan sejak tahun 2011 ini ditujukan sebagai wadah pertemuan antara mahasiswa baru HI dengan mahasiswa tingkat atas dan ajang untuk memperkenalkan dunia Hubungan Internasional. SAY HI juga dikenal sebagai acara penyambutan yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat atas, kali ini HI 2014, kepada peserta yakni mahasiswa baru.

Tema yang diusung oleh SAY HI tahun ini adalah Secret Agent, yang mana lebih mengambil konsep dari sisi kemiliteran, berbeda dengan tema tahun lalu, Hunter Games, yang diambil dari sudut kebudayaan. Tema ini dipilih karena Secret Agent sendiri merupakan variabel dari ranah HI, yang hingga saat ini belum banyak diketahui orang, termasuk mahasiswa HI sendiri.

“Lewat tema ini, kami berharap mahasiswa HI mengerti bahwa profesi untuk lulusan HI bukan melulu jadi diplomat atau duta besar, tapi juga bisa terjun jadi agen rahasia atau intel negara,” jelas Dwi Septian, ketua pelaksana SAY HI 2015.

Acara SAY HI 2015 dibuka oleh sambutan ketua pelaksana, ketua HIMAHI, Kepala Program Studi HI, dan Dekan Fakultas Falsafah Peradaban. Setelahnya, acara dilajuntkan dengan seminar Dialog Cantik Beretika (Logika) oleh Andi Wijayanto (Pakar Intelejen dan Pertahanan FISIP UI) dan Roy Basuki (Pengamat Interlijen) dan dimoderatori oleh Margianta S.J.D (HI 2013). Dalam salah satu materinya, Roy Basuki mempraktikkan metode positive energy dan menunjuk salah seorang peserta SAY HI untuk ‘diangkat’ energi negatifnya.

Tak hanya itu, acara SAY HI 2015 juga diisi dengan perkenalan Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII) yang dimediatori oleh Radiv Annaba (HI 2012), selaku Presidium Nasional FKMHII Korwil 2. Acara yang dipersiapkan selama 6 bulan ini pun mengajak para peserta yang dibagi dalam kelompok CIA, NIS, NIA, BIN, MI6, dan FSS untuk memecahkan misi sebagaimana seorang agen rahasia bekerja.

Peserta SAY HI 2015

Peserta SAY HI 2015

“Acaranya seru, jadi makin kompak dengan teman-teman seangkatan, kekeluargananya juga terasa. SAY HI harus diregenerasikan karena ini wujud persembahan untuk keluarga baru HI,” ujar Wini Rahmawati (HI 2015), salah satu peserta SAY HI 2015.

Semakin larut, acara pun diramaikan dengan penampilan musik dari PLASTIC, Pamungkas, De Vour, dan Putri Bilanova. Tak hanya itu, ada juga persembahan dari HI 2015 kepada HI 2014 berupa paduan suara lagu Heal The World milik Michael Jackson dan flashmob Uptown Funk mix Watch Me menjelang akhir acara.

“SAY HI tahun ini cukup berkesan dan bisa dijadikan wadah untuk reunian para alumni. Bandbandnya pun meriah, sesi materinya juga bermanfaat dalam membentuk paradigma dasar HI kepada mahasiswa baru. Semoga ke depannya bisa semakin baik dan menjadi angkatan yang solid, kritis, dan bersahaja,” pesan Agung Prabowo (HI 2010), selaku tamu alumni acara SAY HI 2015. (lail)

Editor: Lulu Zuhriyah

Bagikan:
285