Jakarta, Parmagz— Dewan Keluarga Masjid (DKM) Paramadina pada Sabtu (4/3) lalu menyelenggarakan kegiatan kajian daring via aplikasi Zoom. Kajian ini membahas tentang Peristiwa Isra Mikraj dengan tema Menelisik Makna Tersirat dalam Isra Mikraj yang diisi oleh Aan Rukmana dan Zainul Maarif, dosen Falsafah Agama di Universitas Paramadina. Acara dimulai tepat pada pukul 14.00 WIB yang dihadiri oleh 62 orang peserta.

Pembacaan Tilawah Al-Qur’an Surat Al-Isra ayat 1 menjadi pembuka dalam kajian tersebut. Ma’arif dalam tausiahnya mengatakan bahwa Isra Mikraj terjadi pada ‘Ammunul Huzni atau tahun kesedihan.

“Isra Mikraj itu terjadi dalam ‘Ammul Huzni, dalam tahun kedukaan. Saat ini juga sama, ini di tahun 2020, ini Ammunul Huzni. Paling tidak mulai awal tahun, banjir di mana-mana, Indonesia ini banjir. Kemudian di Australia ada kebakaran hutan. Kemudian sekarang sedunia ada pandemi Covid-19″ ungkap Ma’arif saat menyampaikan tausiahnya.

Para peserta tampak terlihat serius di depan kamera masing-masing dalam menyimak materi yang disampaikan. Ma’arif meminta peserta untuk jangan terlalu bersedih dan putus asa dalam menghadapi Ammunul Huzni ini.

“Dalam ‘Ammul Huzni seperti sekarang, tahun yang menyedihkan ini, tentu saja kita jangan terlalu bersedih dan jangan putus asa. Minimal salah satu yang bisa kita lakukan saat ini adalah ber-‘Isra Mikraj’, banyak beribadah dan seterusnya. Dan bertenang diri.” kata Ma’arif saat menyampaikan materinya

“Karena jangan-jangan dengan kondisi Ammul Huzni ini, rewards nya lebih dari sekedar Isra Mikraj itu. Seperti yang anda liat di Jakarta sekarang langit lebih cerah, tidak lagi berdebu. Bahkan juga kalau kalian liat juga di Eropa itu sekarang juga bagus, udara jauh lebih bagus.” lanjut Ma’arif

Peserta yang hadir dalam kajian ini, sebagian besar adalah mahasiswa. Tampak sedikit dari kalangan dosen dan masyarakat umum

“Artinya sekarang Inna Maal Usri Yusran. Dalam kondisi yang serba sulit ini yakinlah ada kemudahan di sampingnya,” Ma’arif menyakinkan para peserta kajian.

Setelah penyampaian materi oleh kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta yang berkenan untuk menanyakan pertanyaan, terlebih dahulu harus mengangkat suaranya via chat di aplikasi zoom. Acara pun ditutup dengan para pemateri memberikan pesan yang bisa diambil  terhadap perayaan Isra Mikraj. (mna)

Reporter: M Nurholif Amin

Editor: Pikri Alamsyah

Bagikan:
268