Jakarta, Parmagz (29/4/2021) UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Paramadina di bidang Seni Budaya, yaitu T-ta Paramadina kembali menggelar acara tahunan mereka. Acara yang diselenggarakan oleh T-ta Paramadina ini adalah untuk melantik anggota-anggota baru menjadi anggota resmi T-ta Paramadina. Acara yang T-ta Paramadina buat benama Reinkarnasi dengan tema “Saujana Asmaranala Nusantara”

Acara dimulai dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, ada sambutan dari Elmilanda Mustikawati (Ketua T-ta Paramadina), Wardah Nadhifah (Ketua Pelaksana), serta Emil Radhiansyah, M.Si (Direktur DKI Universitas Paramadina). Setelah kata sambutan dari berbagai pihak UKM T-ta Paramadina serta jajaran Universitas Paramadina, acara dilanjutkan, dengan pemutaran video yang menampilkan visi dari T-ta Paramadina, tantangan, dan pesan dari T-ta Paramadina kepada publik untuk terus menjaga serta melestarikan tarian tradisional dan budaya Indonesia.

 

Berbagai macam koustum tarian Nusantara (sumber: @ttaparamadina)

Secara singkat, ada arti dibalik tema acara Reinkarnasi tahun ini. “Saujana” yang artinya sejauh mata memandang, “Asmaranala” yang artinya pesona, dan “Nusantara” yang artinya seluruh wilayah di Indonesia. Tema ini dipilih karena alasan bagaimana kita memposisikan sebagai orang indonesia memandang budaya kita yang beragam dan bagaimana kita melestarikannya. Ada beberapa tarian yang ditampilkan dalam acara tersebut, diantara nya adalah Tari Tando dari Tapanuli Utara, Tari kreasi dari Betawi, Melayu, Sunda, Kalimantan, Makassar, dan papua.

Ketua Pelaksana Reinkarnasi, Wardah Nadhifah menjelaskan bahwa yang bisa menjaga tari tradisional serta budaya adalah generasi muda yang sekarang. T-ta Paramadina sebagai UKM yang bergerak di bidang seni budaya mempunyai harapan yang besar. Era globalisasi ini tari tradisional bukan hanya di pentas seni lokal, tetapi dengan ada nya media, relasi, serta media sosial yang terhubung diseluruh dunia, tari tradisional Indonesia bisa dinikmati dan diapresiasi diseluruh negara didunia.

Tari Tandok (Sumber: @ttaparamadina)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, puncak acara Reinkarnasi ini ditutup dengan pelantikan kepada calon-calon anggota T-ta Paramadina. Pelantikan tersebut diwakilkan oleh para anggota DIVOC (nama angkatan yang akan dilantik), diantaranya adalah Cynthia, Firza Kamiliya, Humai, dan Tifani. Tercatat ada 8 anggota yang resmi dilantik dalam acara tersebut. Diharapkan para anggota baru tersebut bisa menjalankan amanah serta bertanggung jawab sebagai anggota baru T-ta Paramadina. Sesuai dengan visi T-ta Paramadina, yaitu dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

Reporter: Dimas Yusuf Rinaldi
Editor: Eep Larassandi
Graphic: Fatimah Rahmawati & Bagus Ferdinand

Bagikan:
80