cropped-wonosobo-1

Jakarta, Parmagz – Wonosobo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan berbagai ragam khas kuliner yang patut kita jelajahi. Salah satunya adalah Mie ongklok. Mie ongklok adalah makanan khas daerah Jawa Tengah tepatnya di daerah Wonosobo. Mie ongklok merupakan mie biasa yang di tambahkan bumbu macam sagu di atas mie tersebut. Lalu nanti di bawah mienya di letakkan sayuran kol dan kemudian disiram kuah kental sagu.

mie ongkloktempe-kemul-2

 

Selain mie ongklok ada juga makanan ringan tradisional lainnya seperti tempe kemul, geblek, dan carica. Tempe kemul hampir sama seperti tempe mendoan, hanya bedanya kalau tempe mendoan di goreng setengah matang dan masih agak lembek. Sedangkan tempe kemul yang berasal dari wonosobo pengolahannya digoreng hingga matang dan kering. Selain itu perbedaannya juga terletak pada warna, a kalau tempe mendoan warnanya putih sedangkan tempe kemul wananya kuning yang berasal dari kunyit.

Geblek.

Penganan unik selanjutnya dari Wonosobo adalah Geblek. Geblek kalau di daerah Jakarta dan sekitarnya dikenal dengan nama cireng. Geblek juga terbuat dari tepung kanji berbentuk bulat yang disusun bertumpuk sehingga berbentuk segitiga.

img_0135

Tak kalah uniknya adalah Carica. Carica itu sendiri adalah semacam buah yang bentuknya seperti papaya. Carica hanya bisa ditemui di dataran tinggi Wonosobo tepatnya di daerah Dieng. Carica diolah dengan cara dipotong-potong dan direbus dengan air gula. Lalu dimakannnya dengan cara didinginkan sehingga rasanya menjadi sangat segar (elz/dy)

Bagikan:
53