Saat ini Indonesia dan dunia sedang dihantam oleh pandemi virus corona atau Covid-19. Pandemi ini tidak hanya telah menghilangkan banyak nyawa manusia. Tetapi juga berdampak pada sektor ketenagakerjaan, dapat dilihat banyaknya masyarakat yang telah kehilangan pekerjaannya karena adanya pagebluk yang bermula dari kota Wuhan, Cina.

Pandemi Covid-19 tidak hanya menyerang sektor ekonomi, politik dan kesehatan, tetapi juga menyerang kehidupan masyarakat seketika, mulai saat ini masyarakat mengalami perubahan gaya hidup yang berbeda dari situasi normal dan harus beradaptasi dengan kondisi yang tengah terjadi.

Dari Pemerintah Pusat, bahkan Pemerintah Daerah telah menerapkan kebijakan yang berbeda-beda dengan tujuan memutus rantai penyebaran Covid-19. Seperti yang diterapkan di Kota Depok misalnya, bahwa pukul 8 malam semua tempat hiburan, tempat makan, dan tempat berbelanja (minimarket) harus sudah tutup. Dan yang boleh dibuka hanya tempat pelayanan kesehatan sepeti apotek serta pelayanan praktik dokter.

Nah, di situasi sekarang ini, bepergian keluar rumah sedang tidak memungkinkan dan lebih baik harus dihindarkan agar intesitas penyebaran virus berkurang. Tetapi, bagaimana jika ada kalanya kita terpaksa harus pergi  demi pekerjaan atau hal-hal penting lainnya? Berikut tips yang saya berikan untuk kalian yang terpaksa keluar rumah agar tetap aman saat berpergian di tengah pandemi.

Foto: Kompas

Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Di situasi pandemi ini, banyak tempat, lembaga, hingga korporasi telah menerapkan kebijakan pencegahan dalam menahan laju penyebaran Covid-19. Seperti halnya diperlukannya hasil tes negatif Covid19 agar dipastikan kamu bersih dan tidak akan menularkan virus tersebut ke orang lain.

Ini adalah kebijakan yang semua tempat dan daerah lakukan, pasalnya jika tidak ada kebijakan tersebut, pemerintah ataupun pelayanan kesehatan setempat akan kesulitan menyaring orang yang bersih dari virus covid-19 masuk ke daerahnya. Jadi, sebelum kamu berpegian, pastikan kondisi kamu sedang prima dan sehat, serta memakai protokol kesehatan yang komplit agar terhindar dari virus, atau pun mencegah penyebaran virus.

Hindari Transportasi Umum Kapasitas Berlebih

Baca juga:  Rekomendasi Musik Lokal untuk Kamu Dengarkan saat #DiRumahAja

Ada 2 cara untuk berpegian ke daerah sekitar dari tempat yang kamu tinggali. Yang pertama adalah menyewa kendaraan mobil/motor pribadi. Yang kedua adalah menggunakan aplikasi taksi/ojek daring.

Hal ini adalah cara yang paling efektif untuk menghindari paparan Covid19 dari orang sekitar. Pasalnya jika kamu menggunakan transportasi umum kapasitas berlebih seperti bis dan angkutan kota. Kamu tidak bisa mengatur jarak dengan orang sekitar kamu, dan kemungkinan kita tidak tahu kemungkinan apakah dirimu, atau orang lain bisa saja sebagai pembawa virus. Jadi kurangi berpegian dengan menggunakan transportasi umum dengan kapasitas berlebih, ya.

Selalu Jaga Kebersihan Tangan

Menurut hasil studi dari lembaga kesehatan dunia WHO, virus ini bisa hidup di suatu permukaan benda tergantung dari tingkat suhu dan kelembaban di daerah sekitar. Namun, disinfektan sederhana dapat membunuh virus tersebut sehingga tidak akan bisa menginfeksi orang lagi. Dengan membiasakan cuci tangan dengan air dan sabun, atau hand sanitizer berbasis alkohol, serta menghindari menyentuh bagian mata, mulut atau hidung (segitiga wajah), dengan itu kamu bisa tetap tetap efektif dalam melindungi diri kamu untuk tetap terhindar dari virus ini.

Hindari Tempat Ramai

Hindari kunjungan ke tempat pusat keramaian seperti acara musik, pusat olahraga, dan tempat berwisata. Namun, jika kamu terpaksa unutk mengunjungi tempat yang ada di sekitar kamu karena keperluan mendesak, pastikan mematuhi protokol kesehatan. Jangan gegabah untuk pergi nongkrong atau sekadar hangout bareng teman. Hindari berpegian dengan alasan yang tidak penting, dan usahakan tetap berada di rumah jika tidak ada kegiatan yang begitu mendesak.

Selalu Membersihkan Diri setelah Berpergian

Yap, kita dianjurkan membersihkan diri setiap kali pulang bepergian dari tempat umum agar tidak ada virus yang menempel di tubuh kita. Keadaan di luar sana yang tidak pasti, membuat kita harus selalu berjaga-jaga terhadap kondisi tubuh kita sendiri, sehingga alangkah baiknya setiap kali kita berpergian karena hal penting, saat pulang jangan lupa untuk membersihkan diri agar tidak ada kotoran atau virus yang menempel di dalam tubuh kita.

Itu saja tips untuk berpegian karena hal mendesak di tengah pandemi Covid-19. Situasi pandemi saat ini telah cukup parah dibanding beberapa bulan lalu. Keadaan virus yang belum terkendali, serta tenaga kesehatan yang hampir kolaps, rasanya perlu ada kesadaran dari kita sebagai masyarakat untuk tetap menjaga diri sendiri serta orang di sekitar dengan menghindari berpergian dengan alasan yang tidak begitu penting, serta selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah disosialisasikan sebelumnya, ya. 

Penulis: Dimas Yusuf Rinaldi

Baca juga:  Rekomendasi Musik Lokal untuk Kamu Dengarkan saat #DiRumahAja

Editor: Pikri Alamsyah

Bagikan:
115