Jakarta, Parmagz – Pertanyaan menarik buat kamu yang penasaran kenapa sih kita diharuskan berpikir out of the box? Jika kamu telah memiliki pertanyaan tersebut artinya kamu sudah siap untuk jadi orang kreatif dengan segala keunggulannya. Tapi, sebelum kita menggali manfaatnya, rasanya kurang sip bila kita belum tahu apa definisi dari berpikir kreatif.

Menurut Supriyadi, berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang unuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Banyak definisi yang dapat dijabarkan melalui proses berpikir kreatif. Secara singkat berpikir kreatif dapat dipahami sebagai “proses menghasilkan ide”. Lalu, dari ide tersebut akan diadakan pengujian, nah pengujian di sini maksudnya yakni agar ide tersebut dapat diterima esensi manfaatnya bagi orang lain maupun diri sendiri. Dengan begitu ide bukanlah sekadar gagasan kosong yang tidak berguna, melainkan sebuah ide yang dapat menghasilkan solusi dalam permasalahan yang ada.

Setuju atau tidak, kreativitas adalah suatu teka-teki yang tak terduga oleh siapapun. Pikiran yang out of the box bisa muncul saat kita sedang memikirkannya atau kadang bisa tidak muncul sama sekali. Sampai sekarang belum ada yang tahu bagaimana proses sebuah ide dapat terbentuk di dalam pikiran manusia. Nah, apasih manfaatnya bila kita berpikir out of the box? 

Berikut rangkuman 5 manfaat berpikir out of the box ala Hasna Wijayati lewat bukunya “Think Beyond the Box“:

1. Menikmati Masalah

Apa kamu termasuk tipe yang suka mengeluh bila mendapatkan masalah? Hal tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi karena sifat mengeluh telah menjadi watak dasar manusia. Bahkan bayi yang baru lahir pun mengeluh akan perubahan lingkungan yang dijalaninya dengan cara menangis. Tapi kamu tahu nggak sih, kalau hidup itu identik dengan masalah? Jadi, kalau nggak ada masalah mungkin kamu belum merasakan yang namanya hidup. Karena kehidupan begitu dekat dengan masalah, maka selayaknya kita dapat mengembangkan otak agar kita dapat berpikir kreatif.

Baca juga:  5 Teladan yang Harus Ditumbuhkan untuk Menjadi Kartini Masa Kini

Loh kok gitu sih? Ini terjadi karena saat kamu berpikir kreatif, kamu mampu menghadapi masalah tersebut, atau setidaknya kamu dapat menikmatinya. Bagaimana pula caranya menikmati masalah? Hanya bila kamu tertekan atau stres ketika masalah berdatangan, itu artinya kamu bisa menikmati masalah. Nah, kalau sudah bisa menikmati masalah, rasanya mencari jalan keluar terbaik masalah itu bisa semakin mudah.

2. Menjadi Orang Yang Selalu Positif

Percaya atau tidak berpikir kreatif juga dapat membuat kita menjadi orang yang berpikir positif loh. Misalnya, rasa optimis, percaya diri, dan berbaik sangka. Kita juga dapat melihat peluang dalam permasalahan yang kita hadapi bila kita berpikir positif. Hal ini menjadi poin penting bagi kita untuk mengambil kesempatan dalam memperoleh peluang yang ada. Banyak orang bilang “kesempatan tidak muncul dua kali” atau “ambilah kesempatan itu selagi ia menghampirimu”. Tapi, bagi orang yang berpikir positif mereka akan memiliki mindset untuk menciptakan sebuah peluang, karena kesempatan akan datang berkali kali bila kita memanggilnya. Seperti itukan seharusnya orang yang berpikir positif?

3. Kesuksesan Berhubungan Sosial

Manusia sebagai mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, memerlukan hubungan sosial yang baik antar manusia. Jangan berpikir untuk membina kehidupan sosial yang baik itu suatu hal perkara mudah loh. Bahkan, membina hubungan sosial antar teman dan tetangga itu termasuk perkara yang sulit. Tapi, di sinilah manfaat jika kita mencoba untuk berpikir kreatif, karena dengan itu, pada umumnya kita akan lebih mudah untuk mencapai tingkat popularitas dalam berinteraksi sosial. Sebab, ide-ide menarik yang kita hasilkan mampu menarik minat dan menjawab kebutuhan di masyarakat.

4. Mengantarkan Pada Kebahagiaan

“Doa yang paling banyak diminta barangkali adalah kebahagiaan”, nah kabar baiknya, bertindak kreatif rupanya bisa jadi jalan untuk mewujudkannya. Tentu dengan tindakan nyata  serta faktor lainnya.

Baca juga:  5 Teladan yang Harus Ditumbuhkan untuk Menjadi Kartini Masa Kini

Bahagia itu sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan untuk tertawa dan merasa nyaman. Kebahagiaan dapat dicapai bila kita mampu memecahkan suatu permasalahan dengan menemukan solusi yang kita kembangkan melalui berpikir kreatif. Kebahagiaan juga dapat kita rasakan dengan hal kecil seperti membantu teman dalam kesulitan.

5. Memberikan Kepuasan

Apasih kepuasan yang dimaksud? Rasa puas memang menjadi hal yang abstrak. Sulit sekali untuk diterjemahkan dalam kata-kata atau pun tindakan. Namun ada sensasi tersendiri yang menjalar ke tubuh saat kita merasa puas. Mari kembali lagi dalam permasalahkan “berpikir kreatif dapat memudahkan kita untuk menyelesaikan suatu permasalahan”, dilihat dari konteks tersebut saya mendapat pertanyaan “apakah kita telah menyelesaikan suatu permasalahan dengan rasa puas?”

Tentu saja setiap orang akan merasakan sebuah sensasi puas bila mampu menyelesaikan suatu permasalahan. Seperti halnya, jika kita menyelesaikan soal matematika dengan kemampuan yang ada dalam diri kita sendiri, sensasi puas dan bangga akan lebih kita rasakan ketimbang dari jawaban ‘menyontek’.

Banyak sekali manfaat berpikir kreatif kan teman-teman. Maka dari itu jangan pernah takut untuk berani mengemukakan ide atau gagasan, sekalipun itu aneh. Karena setiap ide yang kita buat akan memacu otak untuk lebih berpikir kreatif lagi. Percaya diri menjadi kunci utama dalam menumbuhkan kreativitas.

Apalagi di era teknologi seperti sekarang, yang mana media untuk menuangkan ide atau gagasan tidak hanya dapat dilakukan melalui penyampaian dalam mimbar. Kreativitas dapat kita publikasikan melalui media cetak, media sosial pribadi, baik berupa tulisan ataupun visual. Maka dari itu, mari kita sama-sama mengembangkan ide-ide yang ada dan menikmati proses berpikir kreatif.

 

Penulis: Fatimah Rahmawati

Editor: Nurma Syelin

Bagikan:
141