Aspirasi Paramadina

Apa itu Aspirasi Paramadina?

Aspirasi Paramadina adalah rubrik baru Parmagz Pers Mahasiswa Paramadina. Rubrik ini merupakan wadah menulis bagi seluruh civitas akademika Universitas Paramadina untuk mengirimkan tulisan terbaik mereka yang nantinya akan Parmagz terbitkan.

Siapa saja yang dapat mengirimkan tulisan ke Aspirasi Paramadina Parmagz?

Seluruh civitas akademika yakni rektorat, jajaran dekan, dosen, seluruh mahasiswa reguler dan paralel Universitas Paramadina dari berbagai angkatan dan jurusan, karyawan serta staff Universitas Paramadina.

Apa saja jenis tulisan yang dapat kamu tulis?

Parmagz memberikan ruang bagi civitas akademika Universitas Paramadina untuk dapat menulis seputar rubrik: Gaya Hidup, Cerita Pendek atau Cerpen, Ulasan (buku, film, dan sebagainya), dan Opini. Berikut penjelasan singkat:

Tulisan pada rubrik ini membahas mengenai seputar anjuran lifestyle, misalnya anjuran kesehatan, rekomendasi tempat-tempat untuk makan atau ngopi, rekomendasi film atau musik, tempat liburan, dan sebagainya.

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu jenis karya sastra dengan konflik yang ringkas dan padat.  Kamu bisa kirim karya Cerpen dari berbagai genre yang telah kamu buat dan harus orisinil demi menghindari plagiarisme ya!

Tulisan ulasan atau review seringkali kita baca, dan tulisan ini biasanya berupa ulasan terkait film yang kamu tonton, buku atau novel yang kamu baca, ataupun ulasan seputar produk teknologi yang kamu pakai.

Menulis opini merupakan tulisan yang dibuat berdasarkan sudut pandang pribadi si penulis dalam memaparkan peristiwa atau konteks tertentu yang terkait dengan kejadian di dunia nyata. Karena Opini ini bersifat mentransfer sebuah gagasan pribadi kamu diharuskan untuk menulis opini secara kritis, argumentatif dan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik. Sebagai catatan, jika tulisan kamu lolos dan diterbitkan ke website Parmagz.com, kami akan menulis sebuah catatan kecil yang tertulis:

“Opini ini adalah tanggungjawab penulis seperi tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi Parmagz”.

Untuk contoh-contoh terkait rubrik jenis tulisan di atas, silahkan kunjungi website kami ya!

Apa keuntungan mengirimkan tulisan di Parmagz?

Setiap karya tulisan yang kami terbitkan di website Parmagz, penulis berhak mencantumkan namanya dan tulisan tersebut akan kami sebar luaskan ke media sosial kami yakni: Twitter, Instagram, dan OA LINE Parmagz.

Selain itu, khusus mahasiswa baik reguler dan paralel Universitas Paramadina yang tulisannya diterbitkan di website Parmagz, penulis bisa mendapatkan poin dual transkrip yang akan kami ajukan langsung ke Direktur Kemahasiswaan dan Inkubator Bisnis.

Apakah semua tulisan dapat diterbitkan ke webiste Parmagz?

Pada dasarnya semua tulisan dapat kami terbitkan ke website Parmagz jika sudah memenuhi kriteria penulisan di setiap jenis tulisan pada rubrik yang tertera di atas.  Jikalau belum memenuhi kriteria, tim redaksi Parmagz akan menghubungi penulis melalui e-mail untuk diminta revisi. Tetapi, jika dalam kurun waktu 5 hari setelah Parmagz menghubungi penulis dan tidak ada respon berupa pengiriman file tulisan yang sudah direvisi, maka tulisan dinyatakan gugur atau tidak dapat diterbitkan.

Berapa jangka waktu tulisan penulis akan terbit di webiste Parmagz?

Tulisan yang sudah memenuhi kriteria akan tetap masuk ke tahap penyuntingan yang akan dilakukan oleh editor tim redaksi Parmagz. Tulisan kamu paling lambat akan kami terbitkan dalam kurun waktu Satu Minggu terhitung sejak kamu mengirim tulisan ke e-mail Parmagz.

Bagaimana caranya mengirimkan tulisan ke Parmagz?

Nah, kalau kamu udah baca seputar Aspirasi Paramadina seperti yang tertera di atas. Kirim tulisan kamu ke [email protected]. Sertakan Nama lengkap, instansi/prodi, dan NIM (bagi mahasiswa).

Yuk, jadi bagian Aspirasi Kampus Peradaban.

 

Penulis: Redaksi Parmagz

Bagikan: