Malam Puncak UIF 2017. (Foto: Arsha Q)

Malam Puncak UIF 2017. (Foto: Arsha Q)

Jakarta, ParmagzPers, Film, Fotografi, dan Musik Mahasiswa (PERFILMA) merupakan salah satu organisasi mahasiswa di bawah naungan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Salah satu kegiatan besar tahunan yang diselenggarakan oleh PERFILMA adalah UI Idea Festival (UIF). Tahun ini, UIF diadakan untuk kelima kalinya pada Selasa (14/3) sampai Sabtu (18/3). Agenda pre-event dimulai dari roadshow ke SMA untuk mencari peserta kompetisi movie screenings, kompetisi fotografi, sampai diskusi terkait film. Sedangkan agenda utama UIF terbagi dalam talkshow dan workshop, kompetisi film pendek, penulisan artikel dan layout majalah, fotografi, sampai band, fashion dance, dan galeri PERFILMA.

Acara penutupan UIF 2017 diselenggarakan pada Sabtu (18/3) di Kuningan City, Jakarta Selatan. Penutupan UIF 2017 diisi dengan pertunjukan musik yang dibawakan oleh MOCCA dan beberapa band lainnya. Kehadiran MOCCA cukup menarik minat para pengunjung untuk hadir dalam malam puncak UIF 2017, notabennya dihadiri para remaja yang hampir memenuhi ruangan.

UIF 2017 bertujuan untuk menginspirasi generasi muda serta apresiasi terhadapa karya seni lokal Indonesia, sekaligus wadah bagi mereka yang ingin mengembangkannya.

Rhine, Ketua Panitia UIF 2017. (Foto: Arsha Q)

Rhine, Ketua Panitia UIF 2017. (Foto: Arsha Q)

“Sebenernya kami mengembangkan kerjasama bersama otonom Fakultas Hukum Universitas Indonesia dalam perfilman, Jadi, UIF ini memang acara tahunan dan tahun ini merupakan tahun ke-5. Meski kami mahasiswa Hukum, kami tahu semua orang tidak hanya mengerjakan pekerjaan rutin mereka setiap harinya karena di samping itu mereka punya bakat, passion, dan minat. Jadi lewat acara ini, kami berharap mereka bisa menyalurkannya karena PERFILMA merupakan suatu badan otonom yang bergerak dalam bidang pers, film, fotografi, dan musik.  Terlebih mereka yang menyukai seni lokaI, itulah sebabnya acara ini penting sekali untuk diadakan,” kata Rhine selaku ketua panitia UIF 2017, mahasiswi Fakultas Hukum UI 2014.

UIF 2017 dilaksanakan oleh 180 panitia dan menyuguhkan tiga event sangat menarik seperti opening talk show film “The Nekad Traveler”, Press Talk Show “Knowledge is an Everlasting Journey” bersama Naela Ali, dan Photography Workshop “Unleash Creativity Through Your Passion” bersama Bill Satya. Setiap harinya, UIF 2017 memutar film-film lokal sebagai penghargaan atas karya-karya anak bangsa, serta untuk mengenalkan dan memajukan perfilman Indonesia. (arq/lm)