Sumber Foto : www.solopos.com

Sumber Foto : www.solopos.com

 

Jakarta, Parmagz – Tepat 28 Oktober kemarin kita kembali memperingati hari Sumpah Pemuda. 86 tahun silam bertepatan pada tanggal 28 Oktober 1928 Sumpah Pemuda di ikrarkan di Gedung Indonesisch Huis Kramat (kini bernama Gedung Kramat 106/Museum Sumpah Pemuda). Sumpah Pemuda merupakan titik awal persatuan Indonesia dalam melawan penjajahan. Ikrar ini mempersatukan para pemuda pada jaman itu untuk bersatu melawan penjajah bukan lagi melawan dengan cara kedaerahan.

Ikrar tersebut telah membawa Indonesia ke keadaan lebih baik,86 tahun sudah ikrar tersebut di kumandangkan tetapi isi dari Sumpah Pemuda harus terus diperjuangkan.Marilah sejenak kita mengikrarkan isi Sumpah Pemuda agar kita mengerti bagaimana sumpah tersebut dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik.

 SUMPAH PEMUDA

Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu,Tanah Air Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia,Mengaku Berbangsa Yang Satu,Bangsa Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia Menjujung Bahasa Persatuan,Bahasa Indonesia

             Dengan demikian jelas sudah,bahwa isi Sumpah Pemuda mengajarkan kita perbedaan sebagai bangsa Indonesia. Perbedaan yang harus kita yakini bahwa siapapun kita,dari mana pun asal suku kita, kita tetaplah Indonesia yang mempunyai bahasa, bangsa dan tanah air Indonesia. Makna persatuan yang amat mendalam dari Sumpah Pemuda mengingatkan kita pada simbol Burung Garuda beserta sloganya “Bhineka Tunggal Ika”.

Seperti dilansir di halaman megapolitan.kompas.com, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan “Jika pemuda solid maka bangsa kita akan semakin maju dan bersatu, sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara berkelanjutan” .Harus kita sadari benar sebagai kaum muda kitalah yang akan menentukan kemana bangsa ini akan bergerak. Kaum mudalah yang sebenarnya memiliki andil besar dalam kemajuan bangsanya.

Jadi sudah sepantasnya sebagai generasi muda yang menginginkan Indonesia yang lebih baik, kita harus tetap solid dan memajukan Indonesia di berbagai bidang dengan terus belajar, bekerja dan berinovasi menciptakan hal-hal baru.Hal yang paling penting terus bersatu meyakinkan diri bahwa saya Indonesia. Seperti kata Bung Karno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya.Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” .Selamat hari Sumpah Pemuda,teruslah berkumandang membangun Indonesia yang lebih baik. (Nad/dy)