Jakarta, Parmagz – Masa pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa Universitas Paramadina. Pasalanya, pada masa tersebut, para mahasiswa berbondong-bondong menyusun KRS mereka sesuai dengan jadwal yang diinginkan. Akan tetapi, sudah menjadi rahasia umum bahwa portal akademik mahasiswa ASIK yang bisa diakses di asik.paramadina.ac.id selalu bermasalah tiap kali masa pengisian KRS. Hal ini sudah berlangsung hampir setiap semester, yang mana portal ASIK mendadak down ketika pukul 00.00 WIB di hari pertama pengisian KRS.

Tak bisa dipungkiri, masalah ini membuat mahasiswa kesulitan ketika hendak menyusun KRS setiap semester. Tidak sedikit mahasiswa yang rela bangun tengah malam dan tidak tidur sampai subuh hanya untuk mengisi KRS, terutama untuk mahasiswa program studi Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi yang memang memiliki jumlah mahasiswa lebih banyak dibandingkan program studi lain. Para mahasiswa saling berlomba mengisi KRS untuk mendapatkan kelas yang mereka inginkan, karena tak jarang, kuota kelas yang dituju sudah penuh ketika mereka mengisi di pagi hari. Itu mengapa, setiap semesternya, proses pengisian KRS selalu menjadi hal yang diresahkan mahasiswa karena sistem pengisian yang dianggap kurang mendukung.

Proses pengisian KRS semester ini dimulai pada Kamis (10/8). Akan tetapi, sejak pukul 00.00 WIB sampai pagi tadi, portal ASIK sulit untuk diakses. Hal ini menimbulkan komentar dari beberapa mahasiswa.

“Menurutku, sistem pengisian KRS Paramadina masih belum stabil, udah jadi penyakit dari dulu, sih, server down atau error gitu. Mungkin kalau dulu karena rebutan sama teman-teman yang lain buat masuk ke ASIK. Tapi sekarang juga masih gitu-gitu aja, jadinya ya kecewa,” tutur Eugenia Vanya (HI 2015).

“Sebenarnya sistem pengisian KRS Paramadina lewar ASIK sudah lebih bagus dibanding waktu pakai SIAP. Cuma sayangnya, sistem ASIK nggak dibarengi sama server yang ‘ASIK’ juga. Tiap isi KRS, server selalu down lama dan makin semester kondisinya makin parah. Tapi ASIK banget sih, isi KRS di Parmad. ASIK nunggunya, ASIK keselnya, ASIK rebutannya,” komentar Aulia Gharsina (IKOM 2014).

“Sistem portal akademik Paramadina dari semester ke semester selalu begini, kalau mau KRS harus deh error, padahal jumlah mahasiswanya nggak terlalu banyak tapi webnya selalu overload. Saya dan teman-teman sudah menunggu dari jam 00.00 WIB sampai siang jam 10.00 WIB pun masih belum bisa juga untuk input mata kuliah yang sudah dipilih. Ini sistem akademiknya yang memang begini atau karena kebanyakan yang akses jadi overload?” ujar Nava Tria Syafira (IKOM 2015).

Menanggapi hal tersebut, sebuah pernyataan datang dari Direktorat Akademik dan Tim Pengembangan Universitas Paramadina bahwa memang portal ASIK sedang mengalami kendala dan tim sedang berusaha melakukan optimalisasi.

Ketika tim Parmagz mewawancarai salah satu tim Back-Office Direktorat Akademik Universitas Paramadina, Rudy, ia menjelaskan bahwa memang portal ASIK sedang bermasalah sejak semalam.

“Memang masih ada kendala. Dari semalam kita sudah cek, ASIK sedang ada kendala di vendornya. Belum jelas keterangannya apa, kami masih coba proses. Kita juga kurang tahu penjelasannya kenapa, biasanya memang karena mahasiswa banyak yang akses, tapi kalau untuk kali ini, pengembang sistemnya yang down. Tapi, siang ini sudah bisa dicoba, nanti akan diinfokan kembali oleh Direktorat Akademik,” jelasnya.

Tanggapan tersebut sekaligus menjadi himbauan untuk para mahasiswa agar mencoba pengisian KRS di siang hari. Akan tetapi, pada pukul 10.45 WIB, ada beberapa mahasiswa yang mengaku bahwa portal ASIK sudah bisa diakses.

“Kami selalu update untuk masalah server. Setiap ada keluhan yang masuk, langsung kami update. Nanti kami kabari lagi,” tutup Rudy. (lm)