Sumber: maxmanroe.

Sumber: maxmanroe.

Generasi Y atau yang biasanya dengan Generasi Millenium adalah generasi yang muncul pertama kali dipakai di Amerika Serikat pada bulan Agustus 1993. Pada saat itu, pihaknya telah melakukan pembahasannya kepada para remaja yang saat ini baru berumur belasan tahun, namun juga memiliki perilaku yang berbeda dengan Generasi X yang saat itu perusahaan tersebut mulai mengelompokan sejumlah anak-anak yang lahir setelah era dekade 1980-an hingga awal tiga puluhan (awal dekade 2000-an).

Ida Fajar Priyanto (Pustakawan Utama Universitas Gajah Mada, Yogyakarta) mengemukakan bahwa Generasi Y sudah termasuk kategori digital native, karena generasi ini sudah mengenal dan menggunakan sistem teknologi informasi berbasis website saat masih remaja, bahkan sudah menjadi bagian dari hidup yang akan bermasalah saat dihadapkan dengan orang tuanya yang berasal dari Generasi X. Hal ini juga berdampak pada pola kehidupan manusia sehari-hari, sehingga informasi dan teknologi era digital yang kita dapatkan saat ini memang menjadi kebutuhan manusia dalam beraktivitas dan tidak heran lagi jika informasi yang dibutuhkan bagi Generasi Y terus dikembangkan.

Sumber: fimela.com.

Sumber: fimela.com.

Generasi Y itulah yang mayoritasnya menggunakan sistem digital, seperti menggunakan komputer, memiliki ponsel, menggunakan surat secara instan, dan lain-lain yang bisa berguna untuk mendapatkan berbagai informasi tersebut. Karakteristik terhadap Generasi Y ini diawali dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat memang memberikan solusi yang terbaik bahkan pengaruhnya sangat besar. Salah satunya ialah komposisi generasi ini seharusnya bersyukur karena hidup di jaman inilah yang bisa ingin miliki saat ini seperti misalnya di negara bagian Asia, adanya karakteristik terhadap Generasi Y secara umum ditandai oleh adanya peningkatan pengguna alat komunikasi, media, dan teknologi digital. Bahkan ada terjadi pada kasus yang menunjukkan bahwa kecanduan terhadap teknologi membuat komunikasi tersebut tidak berjalan dengan baik dalam kehidupan keluarga sehari-hari, misalnya game online, dan social media.

Salah satu upaya yang menjembatani komunikasi persaudaraan antara Generasi Y dengan Generasi X yaitu  dengan adanya kunci komunikasi. Kunci komunikasi adalah kepercayaan, dan kunci kepercayaan adalah hak yang layak dipercaya. Jadi, kunci komunikasi itu yang memberikan kepercayaannya terhadap perkembangan teknologi era modern. Maka diperlukannya, sistem integritas yang menggambarkan kesesuaian antara tindakan dengan apa yang kita katakan dan didalamnya terkandung pula unsur kejujuran sebagai fondasi utama untuk membangun sebuah komunikasi yang efektif dan efisien. (yz)