Jakarta, Parmagz – Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia. Ada banyak keistimewaan di dalamnya, seperti letak garis khatulistiwa yang berada di Kalimantan Barat . Untuk kawasan Timur di Kalimantan sendiri juga punya banyak tempat yang nggak kalah menarik dengan Pulau Indonesia lainnya. Ibukota untuk Kalimantan Timur adalah Samarinda, tetapi ada kota lainnya yang juga sering menjadi pilihan wisata bagi para pengunjung yaitu kota Balikpapan. Nah, tempat apa aja sih yang harus dikunjungi saat di Balikpapan? Yuk, simak pembahasan berikut.

Hutan Lindung Sungai Wain

Sama seperti namanya di sini terdapat hutan juga sungai yang dilindungi pemerintah, selain karena keindahan alamnya Hutan Lindung Sungai Win ini juga merupakan tempat tinggal bagi beruang madu. Beruang madu sendiri merupakan maskot dari Balikpapan yang sudah terancam punah. Tak hanya beruang madu yang bisa ditemui di sini tapi ada macan dahan, bekantan, burung enggang, juga rumah yang berisikan kucing. Bahkan di sini ada banyak jenis pohon hutan seperti bangkirai, ulin, meranti dan gaharu. Tempat ini juga lumayan untuk menambah wawasan alam dari Kalimantan Timur.

Danau Labuan Cermin

Terletak di desa Labuan Kelambu kecamatan Biduk-biduk. Danau ini terkenal karena airnya yang jernih dan bersih sehingga kapal yang ada di permukaan terlihat seolah-olah melayang. Air danau ini juga memiliki dua jenis, yaitu tawar dan asin. Selain indah di permukaan, di dasar pun ada banyak jenis ikan yang bisa dijumpai sambil menyelam.\

Balikpapan Super Block – Penta City

Yang satu ini cocok buat yang hobi belanja atau hang out. BSB dan Penta City sebenarnya merupakan dua tempat yang berbeda tapi bisa dilalui tanpa perlu keluar masuk gedung, karena terdapat jembatan penghubung di dalam mal-nya. Ada banyak pusat perbelanjaan yang bisa dikunjungi selama di Balikpapan, tapi untuk BSB – Penta city ini punya desain indoor hingga arsitektur yang lebih modern dan pilihan kuliner yang lebih banyak. Di kedua mal inilah banyak remaja Balikpapan sering menghabiskan waktunya untuk hang out bersama.

Pulau Maratua

Buat yang suka fotografi cocok banget deh main di pulau yang satu ini. Walaupun kecil tapi di sini ada dua danau menawan lho, yaitu Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban. Pulai ini juga punya dua jenis pantai. Ada yang terbentuk dari endapan gelombang atau pasir dan terbentuk dari terumbu karang. Pulau ini juga kaya akan ekosistem lautnya, seperti terumbu karang, mangrove, hewan laut, dan karang.

Bukit Bengkirai

Buat yang suka jalan-jalan sambil menikmati pemandangan hutan coba deh datang ke sini. Di sini kamu bisa menikmati langsung suasana hutan hujan tropis yang masih alami, dengar kicauan-kicauan burung dan suara hewan-hewan hutan lainnya. Tapi nggak perlu khawatir, di sini ada jembatan gantung yang bisa kamu lewati sambil lihat-lihat alam sekitar. Di sini juga ada fauna Langkan yang dilindungi, lalu babi hutan, lutung merah, owa-owa, dan monyet ekor panjang.

Nah itu dia beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi selama di Balikpapan. Kalau lagi jalan-jalan di Balikpapan pastikan nggak lupa untuk mampir ke tempat-tempat ini, ya! (af)