Chaouen merupakan sebuah kota tua di utara Moroko. (Foto: Brian Hammonds - google.com)

Chaouen merupakan sebuah kota tua di utara Moroko. (Foto: Brian Hammonds – google.com)

Jakarta, Parmagz – Kalian pecinta warna biru? Pernah membayangkan tinggal di sebuah kota yang didominasi warna biru? Kalau iya, dari saat ini cobalah mulai menabung dan masukan kota ini ke dalam daftar places-to-visit kalian.

Chefchaouen atau Chaouen merupakan sebuah kota tua di utara Moroko, tepatnya di Pegunungan Rif. Kota tua dengan pemandangan alami yang indah ini dan arsitektur bangunan yang kental dengan perpaduan gaya Spanyol dan Moroko ini terkenal dengan sebutannya sebagai “The Blue Pearl – Mutiara Biru”, hal ini dikarenakan hampir seluruh bangunan di kota ini bewarna biru. Warna biru oleh penduduk lokal diartikan sebagai simbol dari Langit dan Surga. Selain itu warna biru dapat pula menjauhkan nyamuk.

morokkko

Keindahan dan keunikan kota Chaouen telah menjadi daya tarik turis mancanegara. Selain dapat berpetualang di gang-gang sempit khas Chaouen dan mengambil foto-foto cantik untuk di-upload ke media sosial, keju dari susu kambing khas lokal pun sangat populer di kalangan turis mancanegara. Beberapa turis domestik bahkan mengatakan bahwa Chaouen merupakan surga belanja, banyak barang-barang yang bahkan tidak dapat ditemui di kota lain di Moroko.

Jadi, apakah kalian tertarik untuk menjadikan kota ini sebagai kota selanjutnya yang akan kalian datangi?

 

Penulis: Johanna Tediana, DPI 2013.

Kontributor Parmagz.