Jakarta, Parmagz – Alam merupakan anugerah yang luar biasa diciptakan oleh Tuhan. Alam memiliki daya tarik yang misterius dan juga menyimpan sejuta hal yang indah untuk dilihat. Di era globalisasi ini, banyak orang yang tidak lagi menikmati keindahan alam terutama di perkotaan. Semua bangunan di perkotaan adalah gedung-gedung pencakar langit. Selain itu semakin banyak tempat hiburan yang lebih modern dan gaul. Kebanyakan orang ketika melakukan refreshing pikiran lebih memilih pergi seperti ke Mall, Bioskop, berbelanja, atau sekedar nongkrong bersama teman.

Mari kita sesekali menikmati alam. Pergilah ke tempat alam seperti gunung, pantai, atau pun hutan. Dengan menikmati alam kita dapat belajar. Seperti ke gunung misalnya, ketika kita mendaki gunung, hal yang dapat dipelajari adalah bahwa ketika kita ingin berada di atas maka kita harus menghadapi berbagai rintangan.

Tangkahan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Foto: Dara Yandina)

Tangkahan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Foto: Dara Yandina)

Begitu juga dengan hidup, ketika kehidupan kita ingin di atas kita harus tetap berusaha menghadapi segala tantangan. Atau mungkin kita bisa pergi ke tempat wisata yang memiliki penjelajahan ke hutan. Di dalam hutan kita bisa melihat berbagai macam tumbuhan yang tidak pernah kita lihat di perkotaan. Kita bisa mengenal nama-nama tumbuhan disana. Kita juga bisa melihat hewan-hewan serangga yang unik. Dengan menjelajahi hutan kita juga bisa belajar bahwa hidup butuh proses. Untuk melihat sesuatu yang indah dan enak dilihat oleh mata, itu semua butuh proses.

Begitu juga dengan hidup kita, ketika kita ingin menjadi orang yang sukses, cerdas, cantik, tampan atau pun menjadi orang yang lebih baik, itu semua butuh proses. Alam juga dapat mengajarkan kepada kita agar lebih dekat dengan Tuhan. Alam merupakan ciptaan Tuhan yang luar biasa. Keindahannya yang membuat batin kita menjadi puas ketika memandangnya. Kita sebagai manusia juga harus bersyukur karena masih bisa menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan. Sisakanlah waktu kita untuk menjelajahi alam.

Dengan begitu kita akan menjadi orang yang lebih baik dan lebih menghargai segala sesuatu yang kita miliki. Alam merupakan bagian seni dari Tuhan. Dia memperlihatkan ciptaan-Nya melalui keindahan alam. Selain itu kita pun dapat mengetahui makna hidup, seperti yang dikatakan oleh Albert Einstein “Look deep into nature, and then you will understand everything better”.  Jadi, sudahkah kamu belajar dari alam? (dy)