Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPOPAR) Kabupaten Sumbawa meluncurkan aplikasi Discover Sumbawa yang memudahkan wisatawan untuk menemukan destinasi Wisata di Kabupaten Sumbawa. Aplikasi ini berisi berbagai destinasi wisata yang dilengkapi dengan wisata budaya, kuliner, dan suvenir khas daerah Sumbawa. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur maps dan street view yang diharapkan dapat membantu wisatawan untuk mengetahui lokasi wisata dan melihat langsung melalui smartphone. Aplikasi Discover Sumbawa diciptakan oleh PT. Alan Mediatech Indonesia, bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Sumbawa, H. Junaidi, pada acara penandatanganan MoU dan peluncuran aplikasi Discover Sumbawa, pada Kamis (3/8) di Kantor Dispopar Kab. Sumbawa, menegaskan bahwa kreativitas anak bangsa, khususnya putra asli daerah Sumbawa, di bidang teknologi informasi telah berdampak pada kemajuan pada banyak sektor, termasuk di sektor pariwisata.

Ia menjelaskan seiring dengan majunya berbagai sektor industri di Sumbawa, efek yang diterima oleh masyarakat adalah terbukanya lapangan kerja, berkurangnya angka pengangguran dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Ini merupakan momentum bagi kita untuk menumbuh kembangkan ekonomi kreatif di Sumbawa. Dan kita patut bersyukur karena memiliki putra daerah yang mampu mengembangkan aplikasi ini,” katanya.

Di tempat yang sama, Ahmad Alimuddin, CEO PT. Alan Mediatech Indonesia yang juga merupakan mahasiswa Informatika Universitas Paramadina, menyampaikan bahwa kerjasama antara Alan dengan Pemerintah Kab. Sumbawa merupakan langkah awal untuk membawa Sumbawa menjadi daerah yang hebat dan bermartabat.

“Ini langkah awal, kami ingin Sumbawa menjadi daerah yang hebat dan juga bermartabat,” ungkapnya.

Dalam kerjasama tersebut, Alan mempersembahkan aplikasi pertama dan terbarunya, yakni Discover Sumbawa.

Aplikasi “Discover Sumbawa” sudah bisa diunduh di Play Store. (Foto: Ahmad Alimuddin)

Secara teknis, aplikasi ini dapat memudahkan wisatawan domestik dan mancanegara, dalam menemukan lokasi wisata-wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa seperti wisata budaya, desa tradisional, sejarah, snorkeling, maupun diving. Selain itu, wisatawan juga dapat mengetahui kuliner dan suvenir khas Sumbawa, event yang sedang berlangsung, hingga fitur untuk mengatur rencana perjalanan atau liburan di Sumbawa.

“Semoga aplikasi pertama kami ini dapat meningkatkan angka kedatangan wisatawan ke Kabupaten Sumbawa,” tambah Alimuddin.

Selanjutnya, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispopar Kab. Sumbawa, Ardian menyatakan, proses kerjasama ini sudah berjalan hampir dua hingga tiga bulan, aplikasi dan dukungan untuk pariwisata sangat membantu. Tentunya, semua berharap kehadiran aplikasi ini dengan beragam kemudahannya, dapat meningkatkan antusiasme kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumbawa. Aplikasi Discover Sumbawa ini juga sudah bisa diunduh di Play Store bagi pengguna android. (lm)