Jakarta, Parmagz – Telah berlangsung rangkaian hari pertama Grha Mahardika Paramadina 2017, atau yang sering disebut GMP 2017. GMP sendiri merupakan acara tahunan untuk menyambut para mahasiswa baru sekaligus sebagai kaderisasi tingkat satu bagi mereka. GMP ini merupakan salah satu program kerja dari Dewan Kaderisasi dari Serikat Mahasiswa. Pada tahun ini, GMP yang diketuai oleh Husein Alattas (koordinator dewan kaderisasi SEMA 2017) mengangkat tema “Proud To Be Paramadina” yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa memiliki dan bangga menjadi bagian dari kampus peradaban ini.

Acara diawali dengan registrasi dan mobilisasi peserta di lapangan basket sebelum dilakulan pembukaan. Pada hari ini, peserta nampak sangat rapi dengan dresscode kemeja putih dan balutan blazer hitam, lengkap dengan sepatu pantofel. Setelah mobilisasi, peserta diarahkan menuju lobi dan acara pun dibuka oleh MC. Mahasiswa baru juga disambut dengan penampilan dari Capoiera. Sontak suasana lobi menjadi ramai karena peserta pun antusias dengan penampilan tersebut. Kemudian para peserta pun diarahkan menuju Auditorium Nurcholish Madjid.

GMP Hari Pertama: Bersiap memasuki Auditorium Nurcholish Madjid (Foto: Cynthia Evi Yuana)

 

Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa akan disambut oleh seluruh keluarga Paramadina sepanjang jalan menuju Auditorium Nurcholish Madjid. Rektor beserta jajarannya, dosen, staff, mahasiswa, hingga tim ISS pun ikut menyambut. Hal itu selalu dilakukan sebagai bentuk bahwa mereka adalah keluarga baru yang akan menjadi bagian dari Universitas Paramadina.

Setelah seluruh mahasiswa duduk di kursi masing-masing sesuai kelompok yang telah dibagi panitia. MC kembali melakukan pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Paramadina yang dipimpin oleh Paramadina Choir. Beberapa lagu lain pun juga dinyanyikan oleh UKM tersebut, salah satunya adalah Bengawan Solo. Setelah itu sambutan-sambutan pun dilakukan. Sambutan yang pertama diberikan kepada Husein Alattas selaku ketua pelaksana GMP 2017. Sambutan yang kedua diberikan kepada Sekretaris Jendral Serikat Mahasiswa 2017, Raisuz Zaman. Dan sambutan yang terakhir diberikan kepada Prof. Firmanzah selaku Rektor Universitas Paramadina. Ketiganya sangat bersemangat menyambut dan memotivasi mahasiswa baru agar mereka mampu menjadi mahasiswa Paramadina yang membanggakan.

GMP Hari Pertama: Sambutan Ketua Pelaksana (Foto: Laili Muttamimah)

Tak lama kemudian suara alat musik tradisional pun terdengar, disusul oleh tiga penari cantik dari Tta Paramadina yang juga memberikan penampilan menarik kepada peserta GMP 2017. Untuk menghilangkan rasa bosan atau kantuk peserta, panitia pun telah memberikan waktu untuk ice breaking bagi mereka. Dua orang panitia GMP 2017 yaitu Insan Kamil dan Dwi menjadi fasilitator untuk sesi tersebut.

Ketika semangat peserta telah terisi kembali. Barulah pemberian materi dilakukan. Materi pertama yang berjudul “Manusia Paramadina” dibawakan oleh A. Ahmad Gaus dan juga dimoderatori oleh Faiq. Pada materi ini, pembicara menyampaikan bagaimana pemikiriran-pemikiran yang dimiliki oleh Cak Nur yang akhirnya pemikiran tersebut diwujudkan menjadi sebuah lembaga yaitu Paramadina. Beliau pun juga menjelaskan bagaimana menjadi Manusia Paramadina yang sebenarnya.

Setelah sesi ishoma, pemberian materi tentang sistematika dan pengenalan bagian-bagian dari kampus diberikan. Direktorat Pengembangan Mahasiswa (DPM) menjadi yang pertama dalam pengenalan dan penyampaian materi. Materi tersebut dibawakan oleh Leonita K. Syarief. Selanjutnya disusul oleh bagian Perpustakaan, Keuangan, Humas dan Pemasaran serta bagian Fasilitas dan Umum. Dengan adanya materi tersebut diharpakan mahasiswa baru dapat lebih memahami sistematika administrasi kampus, sehingga mereka tidak akan mengalami kesulitan.

Setelah pengenalan bagian dan sistematika kampus selesai. Peserta diberikan waktu untuk break untuk menikmati snack yang disediakan panitia lalu melaksanakan sholat ashar. Lalu acara tersebut ditutup dengan materi puncak yang berjudul “Peran Mahasiswa” yang dibawakan oleh pembicara yang istimewa yaitu Bima Arya (Walikota Bogor sekaligus Dosen dari Universitas Paramadina pada tahun 2000-2013) dan dimoderatori oleh Alumni Program Studi Hubungan Internasional Universitas Paramadina yaitu Yasmin. Beliau menekankan kepada mahasiswa agar memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Karena sebagai mahasiswa kita adalah salah satu penggerak yang berperan penting dalam memajukan bangsa ini. Setelah dilakukan diskusi yang sangat menarik, penutup dilakukan dan berakhirlah rangkaian GMP 2017 hari pertama ini. Dan mobilisasi kepulangan peserta pun dilakukan oleh panitia. Sesuai dengan yang telah direncanakan, GMP 2017 ini akan berlangsung selama 4 hari hingga 14 September 2017 nanti. (CEY)