Sutradara: Awi Suryadi
Komposer Musik: Ricky Lionardi
Pemain: Prilly Latuconsina, Kinaryosih, Kevin Bzezovski, Emiliano Fernando Cortizo, Inggrid Widjanarko, Shareefa Daanish, Asha Kenyeri, Sandrinna Michelle

Jakarta, Parmagz – Tepat pada Kamis (30/3), film horor produksi Indonesia—Danur resmi tayang di bioskop. Danur saat ini menjadi kata yang populer. Sebenarnya apa arti dari danur itu? Danur adalah air yang keluar dari bangkai (mayat) yang sudah membusuk. Film Danur ini merupakan film horor yang kental dengan adat sunda, mulai dari lagu, sampai lingkungan yang dimasukan ke dalam frame kamera. Film ini mengambil banyak referensi dari film horor luar negeri. Hal ini merupakan langkah baik, Danur menyatukan cerita dan scene yang khas pada film The Conjuring, Mama, dan Insidious menjadi satu. Untuk beberapa orang yang pernah menonton film – film tersebut, pastinya akan familiar pada scene yang ada di dalam film Danur.

Film ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Risa yang sejak kecil sering ditinggal sendirian oleh kedua orang tuanya. Di kala kesepiannya, Risa pernah berdoa meminta teman, dan saat itulah pertama kalinya Risa bisa melihat hantu. Bertahun-tahun terlewat hingga ia memiliki adik perempuan bernama Riri dan ternyata adiknya juga dapat melihat hantu hanya saja mereka tidak menyadarinya dan hal tersebut menjadi petaka bagi mereka.

Film ini membawa pesan yang mendalam di awal cerita, salah satu pesan yang bisa diambil adalah nantinya atau jika saat ini kamu menjadi orang tua, jangan sering-sering meninggalkan anak sendirian dan tanpa teman, karena hal tersebut mempengaruhi kehidupan sosial si anak. Jangan terlalu sibuk pada pekerjaan, mengejar uang hingga mengorbankan keharmonisan keluarga. Danur, menurut penulis adalah film horor yang unik dengan membawa pesan yang mendalam untuk penontonnya dan dari film ini pula, kamu dapat mengetahui bagaimana rasanya jika kamu memiliki kemampuan indera keenam. (ef/ppt)