Poster Film My Stupid Boss - (Foto movie.co.id)

Poster Film My Stupid Boss – (Foto movie.co.id)

Kurang lebih sebulan lalu tepatnya tanggal 19 Mei 2016, Falcon Pictures baru saja merilis sebuah film bergenre komedi arahan sutradara Indonesia bernama Upi Avianto dengan judul My Stupid Boss. Kisah ini diangkat dari dari sebuah novel laris berjudul sama milik chaos@work yang hingga kini telah terbit sebanyak lima seri. Film ini bercerita tentang Diana (Bunga Citra Lestari) yang memiliki suami (Alex Abbad) yang bekerja dan menetap di Malaysia. Diana yang tidak suka hanya berdiam di rumah lalu memutuskan untuk bekerja pada sebuah perusahaan milik sahabat suaminya di negeri Jiran itu. Sebelum diterima bekerja, Diana sama sekali tidak tahu bahwa Bossman (Reza Rahadian) adalah orang yang sangat nyebelin.

Cerita-cerita lucu dan absurd bermula ketika Diana memulai berkerja di perusahaan milik Bossman. Watak Bossman yang nyeleneh dan cenderung gila ini membuat Diana yang awalnya senang dapat bekerja menjadi ingin sesegera mungkin resign. Perintah Bossman yang selalu berubah-ubah, tidak masuk akal, dan tidak dapat diganggu gugat itu membuat Diana stress di kantornya. Diana berulang kali curhat ke suaminya dan ingin sekali memberi pelajaran kepada Bossman dengan melemparkan bom molotov ke ruangannya dan menjatuhkan Bossman dari atap gedung. Suami Diana berkali-kali mencoba menenangkan Diana namun Diana sudah kepalang kesal dengan Bossman. Diana pun akhirnya menyatakan perang mental dengan Bossman. Hingga diakhir cerita Diana mengetahui dibalik sifat Bossman yang aneh, ternyata Bossman memiliki hati yang baik.

Bunga Citra Lestari dan Reza Rahadian dalam My Stupid Boss - (Foto m.life.viva.co.id)

Bunga Citra Lestari dan Reza Rahadian dalam My Stupid Boss – (Foto m.life.viva.co.id)

Pertama melihat trailer filmnya yang gencar diputar di stasiun TV swasta, saya mulai tertarik dengan film ini karena memang lucu sekali. Jaminan seorang Reza Rahadian pasti membuat semua orang berbondong-bondong datang ke bioskop untuk menyaksikannya di layar lebar. Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari yang sebelumnya pernah beradu akting di film Habibie & Ainun pastinya sudah tidak memiliki masalah chemistry lagi di film ini. Terlihat bagaimana luwesnya Reza dan Bunga dalam melakonkan karaternya masing-masing. Reza Rahadian terkenal sebagai seorang aktor yang total dalam dalam berakting. Dalam My Stupid Boss, Reza Rahadian bertransformasi menjadi seorang boss dengan potongan rambut pitak, perut buncit, dan berkumis lele. Begitu pula dengan Bunga Citra Lestari yang merubah penampilannya menjadi sedikit culun dengan potongan rambut bob-nya. Membuat saya sendiri kagum dengan perubahan total mereka yang berbeda dari satu karakter ke karakter yang lain. Tidak hanya Bossman, supporting character yang menjadi anak buah Bossman pun tak kalah lucunya. Mereka yang sudah terbiasa dengan karakter Bossman yang aneh hanya sanggup mengelus dada dan penonton hanya bisa gemas sepanjang film.

Dari keseluruhan cerita menurut saya sangat lucu dan ringan, walau ada dibeberapa bagian yang menurut saya agak jayus namun tidak serta merta menghilangkan sisi komedinya. Beberapa lagu yang menjadi soundtrack film ini diantaranya lagu lawas Cindai milik Siti Nurhaliza, yang merupakan salah satu lagu melayu favorit saya, akhirnya membuat saya bergumam sendiri di bioskop setiap kali lagu ini diputar. Diawal cerita saya sama sekali tidak tahu cerita ini akan dibawa kemana karena sudah terlalu sibuk dengan tingkah Bossman yang ajaib. Hingga ditengah-tengah cerita saya baru sadar ending-nya akan seperti apa. Sangat disayangkan eksekusi ending-nya kurang membuat saya puas, sebenarnya tidak ada masalah dengan ceritanya hanya saja terasa kurang mengejutkan dan terkesan datar. Banyak pesan moral yang bisa kita ambil dari My Stupid Boss, mengingatkan kita kembali tentang don’t judge a book by its cover dan juga makna sabar serta  selalu ber-positive thinking kepada siapapun. My Stupid Boss dapat menjadi salah satu tontonan menarik bagi anda untuk melepas stress dan sudah terlalu penat dengan rutinitas sehari-hari. Tapi kalian kuat nggak sih kalau punya atasan seperti Bossman? (ris)