(Foto: www.masianfood.blogspot.com)

(Foto: www.masianfood.blogspot.com)

Jakarta, Parmagz – Dalam satu hari ada berbagai macam kegiatan yang kita lakukan. Sejak bangun tidur kita akan mandi, sarapan, beraktivitas di luar, dan berolahraga, hingga kembali tidur di malam hari. Nah, tanpa kita sadari ternyata beberapa kegitan rutin yang kita jalani ada yang berbahaya untuk kesehatan, lho! Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Membersihkan telinga menggunakan Cotton Bud

Tidak perlu nunggu telinga gatal, kadang waktu kita lagi sakit tenggorokan atau bersin-bersin saja telinga rasanya sudah terasa tidak nyaman, seperti ada yang menyumbat di dalamnya. Biasanya untuk menghilangkan rasa gatal dan tidak nyaman itu kita akan menggunakan cotton bud untuk mengeluarkan kotoran di dalam telinga. Ternyata penggunaan ini cukup berbahaya, lho! Saat cotton bud masuk ke telinga sangat besar kemungkinannya untuk membuat kotoran telinga jadi semakin dekat dengan bagian lain yang rawan, gendang telinga misalnya. Bukannya membersihkan, cotton bud malah akan mengakibatkan kerusakan atau malah menyebabkan peradangan di telinga kalian. Lalu bagaimana cara membersihkan kotorannya? Telinga manusia pada dasarnya bisa membersihkan kotorannya sendiri, selain itu kotoran ini sebenarnya berfungsi untuk menghindari debu dan bakteri masuk ke telinga bagian dalam.

2. Meniup Makanan atau Minuman

Pasti kamu tidak sabar ketika sudah lapar, namun ternyata makanan datang masih panas. Mau tidak mau, kamu langsung meniup makanan tersebut supaya tidak terlalu panas. Ternyata, ketika kita meniup-niup makanan dan minuman itu sama saja seperti menyebarkan udara yang mengandung virus penyakit dari dalam tubuh kita. Lebih baik tunggulah beberapa menit hingga makanan kamu tidak terlalu panas atau setidaknya aman bagi lidahuntuk memakannya. Mulai sekarang berhenti meniup-niup makanan dan minumanmu, ya!

3. Membersihkan Pusar

Kegiatan yang satu ini mungkin jarang dilakukan. Sama seperti telinga, kalian tak perlu susah-susah untuk membersihkannya. Jika kalian membersihkan pusar menggunakan tangan, tahukah kalian apa yang akan terjadi? Coba bayangkan tangan yang seharian kalian gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, kotor, dan banyak kuman tentunya yang kemudian tangan itu kalian gunakan untuk membersihkan bagian pusar yang rawan. Perlu kalian ketahui, kulit di pusar itu termasuk kulit yang rawan dan tipis lapisannya sama seperti kulit di bawah mata kalian. Lalu, bahayanya adalah jika kulit pusar kalian luka atau terkelupas, maka bakteri dan virus akan semakin mudah untuk menyerang tubuh melalu bagian perut. Di samping itu pusar kalian bisa mengalami peradangan parah. Sama halnya kotoran telinga, kotoran pusar juga ternyata berfungsi melapisi kulit tipis pusarmu dari debu dan bakteri lain. Namun, jika memang harus dibersihkan kalian bisa mengguna kain berbahan halus atau cotton bud yang diberi air hangat. Ingat, jangan terlalu keras atau kasar saat membersihkannya, ya!

4. Mengeringkan Wajah Menggunakan Handuk

Jerawat sama komedo kok hobi banget sih di wajah? Buat kamu yang sehabis cuci muka terus pakai handuk untuk mengeringkannya, mulai sekarang harus berhenti. Sadarkah kamu, handuk yang kamu pakai untuk membersihkan bagian tubuh yang lainnya itu sudah mengandung banyak bakteri? Lalu kemudian kamu pakai untuk membersihkan bagian paling sensitif, yaitu wajah? Oleh karena itu, jangan heran kenapa jerawat rutin hinggap di wajahmu. Karena hal tersebut, gadis-gadis di Korea memakai spon khusus untuk wajah atau membiarkan wajahnya hingga kering. Maka jangan heran wajah mereka putih dan bersih. Sapu tangan juga bisa kamu pakai, lho! Asalkan sapu tangan tersebut memang khusus untuk bagian wajahmu dan dicuci paling tidak dua sampai tiga kali seminggu.

5. Meletakkan Telepon Genggam di Sekitar Kepala

Apakah kamu memiliki kebiasaan menaruh telepon genggam di bawah bantal, di atas kepala, atau di kanan dan kiri kepala? Mulai sekarang hindari kebiasaan ini. Faktanya telepon genggam terutama dengan jenis smartphone zaman sekarang ini memiliki radiasi yang sangat besar. Dengan kamu memainkan ponsel selama satu jam saja sudah tidak baik untuk mata dan otakmu, apalagi jika kamu harus semalaman dengan ponselmu.

Duh, kegiatannya sih kecil dan bisa dianggap remeh. Namun dampaknya sangat bahaya, apalagi kalau kamu melakukannya berulang kali setiap harinya. Mulai sekarang usahakan untuk menghindari kegiatan-kegiatan tersebut, yuk! (af)