kue Bika Ambon merupakan kue khas dari daerah Medan, ya! (Foto: google.com)

Kue Bika Ambon merupakan kue khas dari daerah Medan, ya! (Foto: google.com)

Jakarta, Parmagz – Masihkah kamu mengira bahwa kue Bika Ambon berasal dari Ambon? Eitss, kue Bika Ambon bukanlah kue asal Ambon, lho!  Sebenarnya kue Bika Ambon berasal dari Medan, Sumatera Utara. Kue ini memiliki ciri khas, yaitu terdapat pori pori di permukaannya dan bertekstur kenyal bewarna kuning. Kue Bika Ambon menjadi oleh-oleh khas dari Medan.

Kawasan yang banyak menjual kue Bika Ambon terdapat di kawasan Jalan Majapahit, Medan. Salah satu toko kue yang terkenal menjual kue Bika Ambon adalah Toko Zulaikha Bika Ambon di Jalan Majapahit, Petisah Tengah, Kota Medan. Di toko ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang berasal dari luar kota.

Banyak persepsi mengenai asal usul kue Bika Ambon ini. Ada yang mengatakan bahwa sejarah kue Bika Ambon, yaitu ada seorang pria dari kota Ambon yang merantau ke Malaysia. Ketika dia berada di Malaysia, dia menemukan kue Bika yang merupakan kue khas orang Melayu.  Pria tersebut sangat menyukai kue Bika tersebut. Kemudian pria tersebut pergi ke kota Medan dan tidak kembali ke kota asalnya lagi, yaitu kota Ambon.

Ketika berada di Medan, pria tersebut melakukan eksperimen dengan mencampurkan adonan kue Bika dengan nira (air manis dari pohon Aren). Nah, karena dicampur dengan nira, membuat kue Bika Ambon berpori-pori di permukaannya. Dari situ kue tersebut dinamakan Bika Ambon karena yang membuatnya adalah orang Ambon. Tetapi asal dari Bika Ambon adalah Kota Medan. Cerita lain mengenai kue Bika Ambon, yaitu dinamai Bika Ambon karena tempat pertama kali dijual dan populernya Bika Ambon adalah simpang Jalan Ambon Sei Kera, Kota Medan. Sampai sekarang belum ada sumber yang jelas mengenai asal usul Bika Ambon ini.

Sekali lagi, kue Bika Ambon asli Medan, ya! (dy)